Breaking News:

Sukses Kelola Lingkungan dan CSR yang Berdampak, PT KPI RU Sei Pakning Raih Proper Emas 5 Kali

PT KPI Refinery Unit (RU) Sei Pakning kembali raih penghargaan pada Anugrah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) 2022

Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
PT KPI Refinery Unit (RU) Sei Pakning kembali raih penghargaan pada Anugrah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) 2022 yang diselenggarakan oleh KLHK, Kamis (29/12/2022). 

 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Dinilai berhasil kelola lingkungan dan ciptakan program CSR yang berdampak bagi masyarakat, PT Kilang Pertamina Internasional ( PT KPI) Refinery Unit (RU) Sei Pakning kembali raih penghargaan.

pada Anugerah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Penghargaan diserahkan pada Kamis (29/12/2022), bertempat di Gedung II, Istana Wakil Presiden Republik Indonesia.

Prestasi ini merupakan PROPER Emas kelima kalinya secara beruntun yang diraih oleh kilang Sei Pakning sejak tahun 2017.

Pada Proper 2022, PT KPI RU Sei Pakning mengangkat Program Permata Hijau Pesisir Gambut yang merupakan Program Unggulan dalam Mitigasi dan Pemulihan Bencana di Lahan Pesisir Gambut.

Program ini terdiri dari 3 (tiga) subprogram yaitu Revitalisasi dan Konservasi Kawasan Mangrove Pesisir Gambut, Konservasi Air Gambut, serta Pertanian Hortikultura di Lahan Gambut.

Inovasi yang tercipta pada Revitalisasi dan Konservasi Kawasan Mangrove Pesisir Gambut meliputi Triangle Mangrove Barrier (Trimba), Adaptable Pool with Auto Water Rotation (A-Pawon), dan Hybrid Solar Dryer System (HSDS).

Selain itu, Program konservasi air gambut telah berhasil mengolah air gambut menjadi air bersih melalui Unit Filtrasi Air Gambut (Filagam) yang telah berhasil memproduksi 5.840 ton air bersih pertahunnya.

Melalui pipanisasi yang dibangun, sebanyak 116 KK telah mendapatkan akses dan menerima manfaat air bersih ini.

Di samping itu, dengan teknologi Reverse Osmosis (RO), Kelompok Tirta Muda telah berhasil memperoleh air siap minum yang penghasilannya hingga Rp 86.400.000 per tahun dari hasil penjualan air minum.

Program ini juga terdapat inovasi terbaru yaitu Pertanian Hortikultura di Lahan Gambut yang telah di replikasi di tiga tempat.

Yaitu, Kelurahan Sungai Pakning, Desa Batang Duku, dan Desa Sukajadi.

Pada program ini, terciptanya inovasi Fertilizer Injector (Ferin) yang membantu percepatan proses pemupukan, serta Poligowo yaitu metode penanaman polikuktur.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved