Breaking News:

Berita Dumai

Antrean Panjang Sejak Pagi, Hari Ini Puncak Arus Balik Roro Rupat-Dumai di Libur Tahun Baru 2023

Minggu (1/1/2023), terjadi puncak arus balik dari Rupat menuju Dumai, dan Dumai menuju Rupat di Pelabuhan Penyeberangan Bandar Sri Junjungan

Penulis: Donny Kusuma Putra | Editor: Nurul Qomariah
Tribunpekanbaru.com/Donny Kusuma Putra
Antrean kendaraan roda dua di Pelabuhan Dumai yang akan menyeberang ke Rupat. Hari ini, Minggu (1/1/2023) merupakan puncak arus balik Roro Rupat-Dumai dan sebaliknya. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Lonjakan penumpang Roll On-Roll Off (Ro-Ro) di Pelabuhan Penyeberangan Bandar Sri Junjungan (BSJ), Kelurahan Pangkalan Sesai, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai, terjadi di hari pertama tahun 2023, Minggu (1/1/2023).

Antrean panjang kendaraan roda empat sudah terlihat di gerbang pelabuhan RoRo Dumai-Rupat.

Antrean Panjang ini terlihat sudah terjadi sejak pagi hari, di hari libur tahun baru.

Kepala Seksi (Kasi) Operasional Pengelolaan Pelabuhan Wilayah 1 Provinsi Riau, Riki Arianda mengungkapkan, setelah terjadi lonjakan arus keberangkatan dari Dumai- Rupat, maka pada Minggu (1/1/2023), terjadi puncak arus balik dari Rupat menuju Dumai, dan Dumai menuju Rupat.

Berdasarkan pendataan serta pengawasan jumlah penumpang yang menyeberang dari Rupat menuju Dumai, mengalami peningkatan yang signifikan dari pagi

"Melihat kondisi arus balik libur tahun baru 2023 ini, kita telah menyiapkan 3 kapal untuk arus balik karena lonjakan penumpang, hingga 13 trip," katanya.

Dijelaskannya, 13 trip ini diterapkan di masing-masing kapal, yaitu untuk penyeberangan Dumai- Rupat , ada 3 KMP yakni, Swarna Bengawan dan Muria dan Kakap.

Dari catatan pihaknya, penumpang yang berangkat dari Dumai menuju Rupat pada hari ini hingga trip ke 9 sebagai berikut, untuk kendaraan golongan 2 sebanyak 705 unit.

Kendaraan golongan 3 nihil dan golongan 4 berjumlah 147 unit serta golongan 5 berjumlah 22 kendaraan.

Jika melihat peningkatan jumlah kendaraan yang akan berlibur ke pantai Rupat dari Dumai menggunakan RoRo, serta orang Rupat yang berlibur ke Dumai, maka diprediksi pada Minggu (1/1/2023), merupakan puncak arus balik.

‎Dirinya menghimbau kepada pengendara untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, dan juga tetap berhati- hati saat berkendara.

"Selalu periksa kendaraan saat akan berkendara, dan pastikan tidak ada barang yang tertinggal setelah berlibur," imbaunya

Sementara, Wandi Warga Rupat Utara yang akan menyerang ke Rupat Utara mengungkapkan, tujuannya datang ke Kota Dumai memang untuk berlibur.

"Kami sekarang mau pulang ke Rupat, habis menikmati libur akhir tahun di Dumai, bagus banget Dumai saat malam pergantian tahun, ramai," ucapnya.

Berbeda Dengan Wandi, Randa Warga Dumai mengungkapkan, baru akan berlibur ke Pantai Rupat pada hari ini, melalui Roro Dumai-Rupat.

‎"Semalam kan kita malam tahun baru di Dumai, sekarang kita berlibur ke Pantai Rupat, an bisa balik hari nggak jauh jauh kalilah," pungkasnya.

( Tribunpekanbaru.com / Donny Kusuma Put‎ra )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved