Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Di Awal Tahun 2023, DPRD Pekanbaru Minta Pemko Stabilkan Lagi Harga Kebutuhan Pokok

DPRD Pekanbaru sejak awal tahun 2023 ini, kembali mengingatkan Pemko melalui OPD terkait, ikhwal harga kebutuhan pokok.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Tribunpekanbaru.com/Alexander
DPRD Pekanbaru sejak awal tahun 2023 ini, kembali mengingatkan Pemko melalui OPD terkait, ikhwal harga kebutuhan pokok. FOTO: Suasana di Pasar Pagi Arengka Pekanbaru beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - DPRD Pekanbaru sejak awal tahun 2023 ini, kembali mengingatkan Pemko melalui OPD terkait, ikhwal harga kebutuhan pokok.

Sebab, sejak akhir tahun dan Nataru, beberapa harga komoditi di Kota Pekanbaru naik, meski tidak signifikan.

Kondisi ini juga diakui Disketapang Pekanbaru kemarin, bahwa sejumlah kebutuhan rumah tangga yang mengalami kenaikan itu seperti bawang merah, telur dan juga ayam ras. Kenaikannya antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Karena rangkaian Nataru sudah berakhir, Komisi II DPRD Pekanbaru meminta, agar Pemko bisa menstabilkan harga komoditi tersebut di lapangan.

"Turun ke pasar-pasar dan lakukan Sidak lagi, hingga harga stabil. Ini harus dilaksanakan secara kontineu," tegas Anggota Komisi II DPRD Pekanbaru Jepta Sitohang, kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (2/1/2023).

Lebih dari itu, DPRD Pekanbaru juga mengharapkan agar pemerintah bisa menjamin semua kebutuhan pokok tidak langka. Terutama yang menjadi kerisauan selama ini, seperti cabe, sayuran, beras beras tertentu dan lainnya.

"Kami yakin, OPD terkait bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pekanbaru, bisa mengatasi ini. Lagi pula, sampai sekarang, sejumlah komoditi aman di Pekanbaru," sebutnya.

Kepala Disketapang Pekanbaru Elsyabrina mengakui adanya lonjakan harga kebutuhan pokok kemarin. Namun sekarang beberapa di antaranya, sudah mulai pulih. Jelang Nataru kemarin, memang akibat naiknya harga, daya beli masyarakat jadi menurun.

Mereka hanya membeli barang harian yang memang perlu saja. Meski begitu sampai sekarangketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat, masih aman dan terkendali.

"Karena beberapa komoditi di Pekanbaru dari Sumbar, dan sekarang masih ada perbaikan jalan, tidak jadi masalah. Masih aman, karena komoditi juga masuk dari Sumut," sebutnya.

Secara keseluruhan, tambah Elsyabrina, Pemerintah tetap memprioritaskan menekan inflasi, yang berdampak pada daya beli masyarakat. Apalagi pemerintah pusat juga secara berkala, mengecek dan mengawasi inflasi di semua daerah di Indonesia. ( Tribunpekanbaru.com/ Syafruddin Mirohi).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved