Breaking News:

Berita Siak

Liburan Nataru, Jumlah Kunjungan ke Istana Siak 12.966 Orang

Selama seminggu libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, jumlah kunjungan ke Istana Siak (Asserayah Alhasyimiyah) sebanyak 12.966 orang.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Parkir kendaraan melimpah hingga ke bahu jalan di sekitar Istana Siak, Minggu (1/1/2023). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Selama seminggu libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, jumlah kunjungan ke Istana Siak (Asserayah Alhasyimiyah) sebanyak 12.966 orang. Jumlah itu dihitung dari hasil penjualan tiket masuk ke istana Siak.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Siak Tekad Perbatas Setia Dewa mengatakan, puncak kunjungan libur Nataru pada 1 Januari 2023. Mulai dari pagi hingga malam ribuan kendaraan luar daerah masuk ke wilayah Siak.

“Pilihannya tidak semua ke Istana Siak, ada ke taman Siak Lawo, Tangsi Belanda dan taman-taman lainnya. Namun pilihan terbanyak memang ke istana sehingga pelataran parkir tidak menampung jumlah kendaraan yang masuk,” kata Tekad, Senin (2/1/2022).

Ia merincikan, kunjungan domestik selama Nataru dari 24 Desember 2022 - 1 Januari 2023 sebanyak 12.966 orang. Terdiri dari kunjungan domestik dewasa 8.450 orang dan anak-anak 4.736 orang. Kunjungan manca negara 16 orang.

Jumlah ini cukup banyak mengingat selama dua tahun terakhir istana Siak sempat buka tutup karena pandemi Covid 19. Bahkan beberapa waktu kunjungan dengan jumlah terbatas dan durasi waktu yang juga terbatas.

“Alhamdulillah kita bisa memberikan pelayanan terbaik kepada tamu-tamu yang datang, guide dan pengamanan di istana Siak bekerja sangat ekstra sehingga tidak ada komplain dan masalah. Semua berjalan lancar,” kata dia.

Disparekraf Siak memasang target PAD dari sektor kunjungan ke Istana Siak pada 2022 Rp 1,2 miliar. Target pada 2023 ini juga masih tetap sama karena pada 2022 dianggap masa pemulihan.

“Insyaallah tahun baru 2023 kita tatap dengan optimistik bahwa pariwisata dan Ekraf Siak semakin maju. Kami punya komitmen untuk membuat hal tersebut agar ekonomi masyarakat terangkat,” kata dia.

Pilihan lain selain Istana Siak yang terbanyak adalah Taman Siak Lawo di Kampung Rempak, Tangsi Belanda di kampung Benteng Hulu. Ketiga destinasi ini sangat membludak pada 1 Januari 2023.

“Nataru tahun depan kita semakin matangkan persiapan untuk menampung lebih banyak lagi wisatawan yang datang ke Siak,” kata dia. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved