Breaking News:

Berita Siak

Lantik Jabatan Fungsional Tertentu, Bupati Alfedri Sebut Kesbangpol Kabupaten Siak Naik Level

Bupati Siak Alfedri melantik 22 Pejabat Administrator, Kepala Puskesmas dan Jabatan Fungsional Tertentu di lingkungan pemerintah Kabupaten Siak.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Lantik Jabatan Fungsional Tertentu, Bupati Alfedri Sebut Kesbangpol Kabupaten Siak Naik Level
Istimewa
Bupati Siak Alfedri menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Siak, Rabu (4/1/2023).

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri melantik 22 Pejabat Administrator, Kepala Puskesmas dan Jabatan Fungsional Tertentu di lingkungan pemerintah Kabupaten Siak.

Pelantikan itu berlangsung di ruang rapat Raja Indra Pahlawan, kantor bupati Siak.

“Pegawai yang ditunjuk dan ditempatkan pada posisi tertentu harus mampu menjalankan amanah. Kami akan tetap melakukan evaluasi,” kata Alfedri, Rabu (4/1/2022).

Ia menjelaskan, amanah yang dimaksud adalah menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan sebaik-baiknya. Mempraktekan berbagai program yang tertuang baik dalam renstra maupun di dalam RPJMD.

“Pelantikan ini satu hal yang biasa dan lazim di lingkungan Aparatur Sipil Negara, ini suatu tradisi di dalam pemerintahan dalam rangka penyegaran dan promosi,” kata dia.

Pelantikan kali ini sebenarnya lebih kepada mengisi formasi di lingkungan Badan Kesbangpol. Sebab sudah ditetapkan dengan Peraturan Daerah (Perda) beberapa tahun lalu. Sebelumnya Kesbangpol ini dijabat eselon III sesuai amanah peraturan Mendagri Nomenklaturnya berubah.

”Jadi Kesbangpol ini harus ditingkatkan se level eselon II, kebetulan kita baru tahun 2021 di-Perda-kan, namun waktu itu mau dikukuhkan pejabatnya, kita belum memungkinkan, karena belum tersedia anggaran di tahun 2021,” kata dia.

Ia menguraikan, jika dimasukan di APBD Perubahan tidak bisa karena terkait SIPD-nya. Nomenklatur kantor tadi badan karena menyangkut dengan aplikasi sistem keuangan daerah yang terkunci SIPD. Karena itu sesuai dengan anggaran tahun 2023.

Alfedri juga meminta kepada Sekdakab Siak Arfan Usman dalam waktu dekat dapat ditunjuk pejabat pelaksananya. Harapannya Badan Kesbangpol dapat menjalankan aktifitasnya sebagai OPD baru.

“Besok sudah ditetapkan Plt Kepala Badan Kesbangpol kabupaten Siak. Sehingga bisa disegerakan penggunaan anggaran, bendahara pengeluaran dan PPK SKPD agar nanti bisa diproses lebih cepat adminitrasi penggajian bagi personil yang ada di Badan Kesbangpol. Karena ini untuk pengisian jabatan yang baru di struktur yang baru dan formasi jabatan lain,” ucapnya.

Alfedri menambahkan pejabat yang dilantik harapannya memiliki kinerja yang baik. Harus ada terobosan dan inovasi. Janga bekerja biasa-biasa saja.

“Kami akan terus mengevaluasi secara berkesinambungan, tentulah jika memiliki kinerja baik, nanti akan menjadi pertimbangan, dalam rangka met sistem,” kata dia.

Ia menegaskan bahwa sudah menyampaikan pada 2022 lalu untuk menempatkan jabatan administrator dilaksanakan secara terbuka, Transparan dan akuntabel. Siapa yang berkompeten pada satu bidang tugas itu, yang akan ditempatkan.

“Penunjukan berdasarkan uji kompetensi. Ini sudah kita mulai tahun lalu, tahun ini kita jaring lagi,” kata dia.

Ia mengatakan, seluruh pegawai yang memiliki pangkat golongan III/c-III/d dipersilahkan untuk mengikuti uji kompetensi. Sesuai nama sudah ada daftar dan list yang dimiliki pejabat yang diberi wewenang untuk menguji kompetensi dari pada pegawai yang bersangkutan.

“Ini kita lakukan pertiga tahun," katanya.

Ia meminta kepada BKPSDM untuk menginventarisir jabatan fungsional. Terutama yang sudah menduduki jabatan fungsional baik eselon IV maupun eselon III agar diinformasikan kepada OPD masing-masing untuk mengusulkan melalui BKPSDM. Kemudian diusulkan ke Kementerian MenpanRB agar pegawai tersebut dapat mengikuti diklat teknis fungsional. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved