Breaking News:

Berita Riau

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNBP UIN Suska Riau Dibuka Februari 2023

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) UIN Suska Riau mulai dibuka Februari 2023

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) UIN Suska Riau mulai dibuka Februari 2023 

 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau mulai dibuka Februari 2023 mendatang.

Namun tanggal berapa pastinya dan apa saja syaratnya, sejauh ini belum ditetapkan oleh pihak kampus.

"Belum, Februari baru dibuka," kata Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag saat dikonfirmasi Tribunpekanbaru.com terkait kapan mulai dibukanya jadwal penerimaan mahasiswa jalur SNBP di Kampus UIN SuskaRiau, Minggu (8/1/2023).

Prof Khairunnas mengungkapkan pihaknya akan segera melakukan rapat dengan forum rektor UIN se Indonesia untuk membahas lebih detail lagi terkait syarat dan petunjuk teknis seleksi, serta petunjuk pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP ini.

"Iya, nanti kita ada rapat dengan forum rektor untuk membahas Juknis dan Juklaknya," ujar Khairunnas.

Begitu juga dengan kuota yang disiapkan pihak universitas untuk jalur SNBP, sejauh ini pihaknya belum menetapkan berapa kuota yang diberikan untuk mahasiswa baru yang masuk melalui jalur SNBP.

"Belum kita tetapkan kuotanya, nanti kita akan rapatkan dulu," kata dia.

Seperti diketahui SNBP merupakan jalur seleksi masuk PTN yang berfokus pada prestasi Akademik dan non Akademik. Dulu, seleksinya bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Adapun perubahan skema itu sudah tertuang dalam Permendikbud Ristek Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana Perguruan Tinggi.

Melansir laman resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), berikut penjelasan seputar SNBP 2023.

SNMPTN dan SNBP hampir sama, yakni jalur seleksi masuk PTN jalur undangan atau prestasi siswa.

Atau jalur seleksi ini menggunakan kombinasi nilai rata-rata semua mata pelajaran, prestasi non akademik dan penilaian masing-masing kampus.

Sedang penyelenggara yang dulunya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) kini menjadi tim SNPMB.

Tentunya, ada beberapa aturan yang ditetapkan oleh SNPMB bagi calon peserta SNBP 2023, yaitu terkait PDSS, akreditasi sekolah, dan pilihan program studi.

( Tribunpekanabru.com / Syaiful Misgio )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved