Breaking News:

Berita Kampar

Kuota Nasional untuk Haji 2023 Sudah Ditentukan, Berapa Jemaah dari Kampar yang Boleh Berangkat?

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kampar Zulfaimar mengatakan, di Kampar terdaftar sebanyak 996 jemaah yang boleh berangkat tahun ini

Penulis: Fernando Sihombing | Editor: Nurul Qomariah
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Ilustrasi. Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kampar Zulfaimar mengatakan, di Kampar terdaftar sebanyak 996 jemaah yang boleh berangkat tahun 2023 ini. 

 

TRIBUNPEKANBARU.COM, KAMPAR - Kementerian Agama telah mengumumkan kuota Haji untuk Indonesia tahun 2023 ini.

Pembagian kuota untuk seluruh daerah akan ditentukan kemudian.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kampar, Zulfaimar mengatakan, Menteri Agama memang telah meneken nota kesepahaman dengan Kementerian Haji Arab Saudi.

Nota itu menetapkan kuota haji nasional sebanyak 221.000 jemaah. Terbagi untuk haji reguler sebanyak 203.320 jemaah, dan haji khusus sebanyak 17.680 jemaah.

"Kita masih menunggu Riau dapat ( kuota) sampai porsi berapa. Kepastian jumlah kuota untuk daerah, tentu harus ada keputusan dari pusat," kata Zulfaimar kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (9/1/2023).

Menurut dia, nota tersebut juga tidak membatasi usia jemaah yang dapat berangkat haji. Pembatasan tersebut seperti yang diberlakukan tahun lalu.

Zulfaimar menyebutkan, di Kampar terdaftar sebanyak 996 jemaah yang boleh berangkat tahun ini.

Dari jumlah itu, 561 jemaah telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) dan tidak bisa betangkat tahun lalu.

"Jadi ada sekitar 400-an (435 jemaah) lagi yang akan melunasi untuk (porsi) baru," katanya.

Menurut dia, kuota nasional tahun ini tidak jauh berbeda dari jumlah kuota sebelum Covid-19. Adapun kuota nasional tahun 2022 sebanyak 100.051 jemaah.

Kuota tahun lalu berkurang lebih dari setengah dari biasanya karena kebijakan pembatasan usia jemaah oleh Pemerintah Arab Saudi yaitu maksimal 65 tahun.

"Tahun 2022 itu kuota tidak normal dibatasi oleh pemerintah Arab Saudi hanya lebih kurang 46 persen, kemudian umur dibatasi 65 tahun," ujarnya.

Pada 2022 lalu, Riau mendapat kuota sebanyak 2.304 jemaah. Lalu Kampar mendapat kuota 393 jemaah dan akhirnya yang berangkat menjadi 390 jemaah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved