Breaking News:

Kantongi Dua Penghargaan Internasional, Karya Inovasi PLN UIP3BS 'EWARS' Terima Apresiasi

EWARS buah inovasi PLN UIP3B Sumatera mendapatkan apresiasi dari PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang).

Editor: Ariestia
Istimewa
Setelah berhasil menyabet penghargaan pada ajang karya inovasi tingkat internasional, Early Warning System of Relay Transformator (EWARS) yang merupakan buah inovasi insan PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sumatera mendapatkan apresiasi dari PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang). 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Setelah berhasil menyabet penghargaan pada ajang karya inovasi tingkat internasional, Early Warning System of Relay Transformator (EWARS) yang merupakan buah inovasi insan PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sumatera mendapatkan apresiasi dari PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang).

Dalam acara Forum Inovasi Seleksi Penghargaan Karya Inovasi (SPKI) XXVI Tahun 2023 yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Gumaya Tower Semarang pada Selasa (10/01), EWARS menerima dua penghargaan setelah memenangkan Gold Award pada ajang Malaysia Technology Expo (MTE) dan Gold Medal pada ajang International Forum of Innovators IN’HUB Rusia.

Keberhasilan EWARS dalam dua ajang internasional ini menjadi bukti bahwa insan PLN memiliki talenta luar biasa yang diharapkan dapat membawa PLN menjadi perusahaan listrik yang jauh lebih baik lagi.

EWARS sendiri merupakan inovasi tiga pegawai PLN UIP3B Sumatera yaitu Wahyu Handriyanto, Febrika Endika, dan Roni Nixon F.T. yang maju pada ajang Learning, Innovation, Knowledge and Exhibition (LIKE) PLN Tahun 2017 di bidang transmisi dan distribusi.

Setelah berhasil menyabet penghargaan pada ajang karya inovasi tingkat internasional, Early Warning System of Relay Transformator (EWARS) yang merupakan buah inovasi insan PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sumatera mendapatkan apresiasi dari PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang).
Setelah berhasil menyabet penghargaan pada ajang karya inovasi tingkat internasional, Early Warning System of Relay Transformator (EWARS) yang merupakan buah inovasi insan PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sumatera mendapatkan apresiasi dari PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang). (Istimewa)

Karya inovasi ini telah melalui beberapa tahapan pengembangan oleh dua unit PLN, yaitu Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) dan Pusat Pemeliharaan Ketenagalistrikan (Pusharlis). Saat ini EWARS sudah diproduksi sebanyak 255 unit dengan value creation sebesar 765 juta Rupiah.

Senior Manager Perencanaan dan Pengembangan Produk PLN Puslitbang, Winarno menyampaikan pandangannya pada setiap hasil karya inovasi. “Harapan saya hasil karya inovasi tidak hanya sebatas mendapatkan penghargaan, namun bisa memberikan kontribusi positif bagi perusahaan,” tuturnya.

Senada, Vice President Inovasi Teknologi dan Inkubasi Bisnis PLN, Tri Hardimasyar dalam opening speechnya mengungkapkan bahwa inovasi dapat memberikan kontribusi positif bagi PLN.

"Inovasi dapat meningkatkan efisiensi dan menekan Biaya Pokok Penyediaan (BPP) bisnis perusahan," terang Tri.

Tri menambahkan, PLN merupakan jantung Indonesia dalam indikator kemajuan ekonomi dan teknologi.

Pada kesempatan lain, General Manager PLN UIP3B Sumatera, Daniel Eliawardhana mengatakan hasil ini akan menjadi motivasi tersendiri bagi insan PLN lainnya. “Apa yang diterima oleh teman-teman inovator diharapkan menjadi trigger bagi insan PLN lainya untuk terus berinovasi dan mengembangkan ide-ide kreatifnya,” ucap Daniel.

“Melalui inovasi ini kita juga berharap dapat membawa perubahan bagi PLN ke arah yang lebih baik dan secara luas menjadi perbaikan pada pelayanan kelistrikan di Indonesia,” tutupnya. (rls/adv).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved