Breaking News:

Berita Pelalawan

Rekrut 118 Orang Petugas, Bawaslu Pelalawan Mulai Bentuk Panwaslu di Kelurahan dan Desa

Bawaslu Pelalawan mulai merekrut Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) tingkat kelurahan dan desa untuk bertugas pada Pemilu 2024 mendatang

Penulis: johanes | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa/Dok Bawaslu Pelalawan
Ketua Bawaslu Pelalawan Khaidir didampingi anggota lainnya menandatangani MoU bersama Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau beberapa waktu lalu. Bawaslu Pelalawan mulai merekrut Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) tingkat kelurahan dan desa. 

 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pelalawan mulai merekrut Panitia Pengawas Pemilu ( Panwaslu) tingkat kelurahan dan desa untuk kepentingan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Panwaslu Kelurahan dan Desa (PKD) akan membantu tugas pengawasan yang dilakukan Bawaslu Pelalawan badan Panwaslu Kecamatan selama tahap Pemilu 2024.

Setiap desa dan kelurahan akan direkrut satu orang petugas PKD yang bekerja selama tahapan hingga pelaksanaan Pemilu sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dari Bawaslu Republik Indonesia (RI).

"Di Pelalawan ada 118 desa dan kelurahan, berarti ada 118 petugas PKD yang akan kita terima dalam perekrutan ini. Panwaslu kecamatan langsung mengakomodir di wilayahnya masing-masing," tutur Ketua Bawaslu Pelalawan, Khaidir kepada Tribunpekanbaru.com Rabu (11/1/2023).

Khaidir menerangkan, pendaftaran bidan penerimaan berkas calon anggota Panwaslu kelurahan dan desa berlangsung mulai 14 sampai 19 Januari mendatang.

Selama enam hari itu juga kelengkapan berkas diperiksa untuk kemudian diperbaiki oleh pelamar sampai tanggal 22 Januari.

Bawaslu juga diperbolehkan untuk melakukan perpanjangan masa pendaftaran apabila ada hal-hal yang belum terpenuhi dari segi aturan.

Calon anggota KPID akan mengikuti test wawancara yang digelar Bawaslu dan Panwaslu Kecamatan pada 31 Januari sampai 2 Februari.

Pengumuman hasil seleksi disampaikan pada 4 Februari dan dilanjutkan pelantikan tanggal 5 sampai 6 Februari mendatang.

"Yang kita rekrut memang satu orang, tapi harus ada cadangan satu orang satu kelurahan dan desa. Pengumumannya sudah kita sebar melalui Medsos, spanduk, dan iklan di media," tambah Khaidir.

Warga yang berminat menjadi anggota Panwaslu kelurahan dan desa segera mendatangi kantor Panwaslu kecamatan masing-masing dan memasukan berkas pendaftaran.

Untuk persyaratan yang dibutuhkan bisa dibaca pada pengumuman yang ada atau mengunjungi website Bawaslu Pelalawan yang beralamat https://pelalawan.bawaslu.go.id.

( Tribunpekanbaru.com / Johannes Wowor Tanjung )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved