Breaking News:

Berita Siak

Kendarai Sepeda Motor, Bupati Siak Alfedri Panen Lemon di Kampung Pedada

Pada program Bujang Kampung ke 47 di kampung Pedada, Kecamatan Sabak Auh, Bupati Siak Alfedri berbaur dengan masyarakat setempat.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
Istimewa
Bupati Siak Alfedri panen lemon di Kampung Pedada, Kecamatan Sabak Auh, Jumat (13/1/2023). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Pelaksanaan program Bujang Kampung (Bupati Bekerja dan Berkantor di kantor Pemerimtah Kampung) tidak melulu tentang pelayanan administrasi.

Satu hal terpenting adalah mengembangkan potensi ekonomi masyarakat di kampung yang dikunjungi.

Pada program Bujang Kampung ke 47 di kampung Pedada, Kecamatan Sabak Auh, Bupati Siak Alfedri berbaur dengan masyarakat setempat. Di luar pelayanan administrasi yang dilayani berbagai OPD, Alfedri justru pergi ke kebun lemon.

Dari kantor pemerintah kampung (desa), Alfedri tidak segan mengenderai sepeda motor untuk mencapai kebun lemon tersebut. Sebab menuju ke perkebunan lemon warga tidak bisa naik mobil karena aksesnya yang kecil.

Kebun pertanian lemon tersebut milik kelompok tani Karya Berseri. Selain itu juga mengunjungi kelompok budi daya ikan tawar kelompok usaha PKH.

Dalam perjalanan ke perkebunan dan budi daya ikan tawar tersebut, Alfedri selalu menyapa warga. Bahkan sering warganya meminta foto bareng.

Alfedri tampak senang saat melihat tanaman lemon yang subur. Ia menanen buahnya. Para petani memberikan gunting alat panen kepadanya.

Satu persatu buah dipanen dimasukkan ke dalam keranjang. Saat itu ia teringat masa lalunya kala hidup di kampung halaman. Memanen buah, menangkap ikan di empang dan pergi ke sawah adalah memori masa kecil Alfedri.

“Buah lemon sangat bermanfaat bagi kesehatan, kata vitamin C. Pertanian lemon Pedada bisa menjadi produk unggulan di kampung ini. One village one product, ya lemon kalau di Pedada,” kata dia.

Ia berharap, kebun lemon yang dikembangkan oleh kelompok tani tersebut bisa dikembangkan di wilayah lain di Kabupaten Siak. Pemerintah Kabupaten Siak akan selalu mendukung usaha-usaha Kelompok Tani.

“Sata berharap seluruh Kelompok Tani yang ada di Kabupaten Siak memiliki produk unggulan. Siak bisa memiliki banyak produk unggulan, baik untuk dikonsumsi maupun diperjual belikan," tambahnya.

Program Bujang Kampung di kampung Pedada memberikan kesan tersendiri. Potensi pertanian yang ditemukan berupa tanaman lemon tidak ditemukan di kampung lain se -kabupaten Siak.

“Inilah potensi yang harus kita dorong dan kita bantu mengembangkannya,” kata dia.

Bujang Kampung merupakan inovasi baru dari Bupati dan Wakil Bupati Siak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara langsung dan cepat

"Dalam melayani masyarakat tentunya kita harus melayani dengan ikhlas dan cepat agar masyarakat senang dengan pelayanan yang diberikan, dan juga seorang yang bekerja dipelayanan maupun di tenaga kesehatan harus memberikan senyuman kepada masyarakat yang dilayaninya,” kata dia.

Alfedri juga menyampaikan Komitmennya bersama Wakil Bupati Siak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pembuatan KTP, KK, Akta dan KIA.

"Bujang Kampung ini merupakan komitmen kami dalam memberikan pelayanan dan mendekatkan diri kami kepada masyarakat sebagai seorang pemimpin yang diberi aman untuk melayani masyarakat,” kata dia.

Dalam Bujang kampung ini Bupati siak Alfedri juga menyerahkan secara simbolis bantuan asistensi rehabilitasi sosial (Atensi) lanjut usia sentra abiseka kementrian sosial berupa Kursi Roda kepada bapak subandi evendy. (tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved