Breaking News:

Berita Riau

Seleksi PPS di Pekanbaru Masuk Tahapan Tes Wawancara

Seleksi PPS di Pekanbaru kini masuk tahapan tes wawancara. KPU mengumumkan peserta lulus ujian tertulis/CAT.

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Ariestia
Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution
Seleksi PPS di Pekanbaru kini masuk tahapan tes wawancara. KPU mengumumkan peserta lulus ujian tertulis/CAT. FOTO ILUSTRASI: Tes calon PPS. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Seleksi PPS di Pekanbaru kini masuk tahapan tes wawancara.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru mengumumkan peserta lulus ujian tertulis/CAT calon Panitia Pemungutan Suara (PPS), Minggu (15/01/2023).

Berdasarkan surat pengumuman nomor 03/PP.04.1-Pu/1471/2023 total peserta yang lulus se- Pekanbaru sebanyak 492 orang.

Setelah lulus tertulis, peserta berhak mengikuti tes selanjutnya, yakni tes wawancara.

Tes wawancara ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 18 sampai tangga 20 Januari 2023.

Pelaksanaan ujian mulai pukul 08.00 Wib di Kantor KPU Kota Pekanbaru Jalan Datuk Setia Maharaja Nomor 2. Peserta ujian wajib mengenakan kemeja putih dan celana / rok hitam (rapi dan formal).

Calon anggota PPS mengikuti seleksi wawancara dengan ketentuan membawa KTP Elektronik, membawa tanda bukti terdaftar sebagai calon anggota PPS, membawa dokumen persyaratan dalam bentuk Hardcopy bagi yang belum menyerahkan ke KPU Kota Pekanbaru.

Peserta juga wajib menggunakan masker dan mengikuti protokol kesehatan serta melakukan registrasi dan mengisi kehadiran paling lambat 30 menit sebelum jadwal ujian.

Sebelumnya, Komisioner KPU Kota Pekanbaru Yelli Noviza mengatakan jumlah peserta yang mengikuti ujian CAT sebanyak 751 orang. 382 di antaranya laki laki. Sisanya sebanyak 369 adalah perempuan. Artinya ada 259 peserta yang gugur saat tes CAT.

Sedangkan, kebutuhan PPS untuk Pekanbaru sebanyak 249 orang. Mereka akan ditempatkan di 83 kelurahan di Pekanbaru. Masing-masing kelurahan akan diisi tiga orang PPS.

"Selain 249 kebutuhan PPS itu, kita juga menyiapkan satu kali jumlah kebutuhan untuk dipersiapkan sebagai Calon Pergantian Antar Waktu (PAW). PAW ini untuk mengisi slot yang kemungkinan kosong karena ada PPS yang mengundurkan diri atau berhalangan tetap,"ujar Yelli.

Sebelumnya, sebanyak 751 calon anggota badan adhoc di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 mengikuti ujian tertulis berbasis komputer komputer atau Computer Assisted Test (CAT), Senin (9/1/2023) di laboratorium Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Yelli Noviza di sela-sela pelaksanaan ujian mengatakan pelaksanaan ujian secara tertulis berbasis komputer atau
CAT adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar.( Tribunpekanbaru.com/ Nasuha Nasution)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved