Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Rapor Anggota DPRD Pekanbaru Tahun 2022 Mengejutkan, BK Imbau Tahun Ini Lebih Baik Lagi

Badan Kehormatan (BK) DPRD Pekanbaru, akhirnya merilis rapor Anggota Dewan selama tahun 2022 lalu.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Istimewa
Ketua BK DPRD Pekanbaru Pangkat Purba SH 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Badan Kehormatan (BK) DPRD Pekanbaru, akhirnya merilis rapor Anggota Dewan selama tahun 2022 lalu.

Dari 45 legislator di Gedung Payung Sekaki DPRD Pekanbaru, BK memutuskan tidak ada yang mendapat rapor merah.

Ketua BK DPRD Pekanbaru Pangkat Purba SH menegaskan, semua anggota DPRD Pekanbaru mendapat rapor sedang-sedang atau belum baik.

"Jadi begini, semua anggota DPRD, meski tak hadir rapat, itu disebabkan ada yang berhalangan karena sakit atau tugas lainnya. Jadi harus kita pilah. Kalau izin itu ada catatannya. Bukan absen tapi izin," papar Pangkat Purba saat berbincang dengan Tribunpekanbaru.com, Senin (16/1/2023).

Dijelaskan, secara keseluruhannya, rapor semua anggota DPRD memang belum baik, dalam artian masih sedang. Artinya dari 45 dewan, belum ada yang sampai rapor merah.

"Belum sampai ke sana. Artinya begini, setiap rapat paripurna, Ketua BK dan jajaran memang menunjukkan sikap harus hadir, karena sebagai contoh. Ini juga sebagai himbauan kepada rekan rekan dewan lainnya," tambah mantan hakim Pengadilan Negeri Pekanbaru ini.

Politisi Senior Partai Demokrat tersebut menyebutkan, bahwa untuk sanksi bagi anggota DPRD yang tak hadir, semuanya diatur dalam Tatib (tata tertib) DPRD Pekanbaru.

Ini harus dipatuhi dan dilaksanakan. Sebab, jika 6 kali berturut turut tak hadir, BK DPRD akan mengambil tindakan tegas dan terukur. Namun sebelumnya, BK tetap melakukan koordinasi dengan para ketua fraksi. Sebab, jika ada yang melanggar, sanksi terberat PAW (pergantian antar waktu). Termasuk halnya sanksi lisan.

Dengan demikian, lanjut Pangkat Purba, BK mengharapkan di tahun 2023 ini, BK menghimbau kepada para ketua fraksi, untuk mengingatkan anggotanya, agar mematuhi Tatib, dan hadir dalam rapat.
Baik itu rapat Paripurna maupun rapat lainnya.

Apalagi dalam beberapa kali rapat Paripurna terakhir, banyak anggota DPRD yang tak hadir di ruangan rapat, meski sebagiannya sudah menandatangani absen.

"Karena dalam Tatib No 1 Tahun 2019, bagi anggota DPRD yang 6 kali berturut turut tidak menghadiri rapat, bisa di PAW oleh BK. Makanya kami mengimbau kepada teman-teman, untuk mematuhi tatib tersebut. Jadi kalau tak hadir tak berturut turut, siap siap," tambahnya.

Disinggung mengenai adanya sikap Anggota DPRD di tengah masyarakat yang kurang bijak, Pangkat Purba mengingatkan sejak awal tahun 2023 ini.

Bahwa untuk mengantisipasi kasus Anggota DPRD di tengah masyarakat terkait etika dan norma, BK menginginkan supaya lembaga DPRD ini tetap terjaga dan terhormat di tengah masyarakat.

"Karena itu kita menghimbau kepada teman-teman, agar patuh dan tertib dengan aturan Tatib yang sudah dibuat bersama-sama," katanya mengajak. ( Tribunpekanbaru.com/ Syafruddin Mirohi).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved