Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Tanah Pekuburan di Okura Sudah Dibeli Pemko Tapi Masih Ada Pungli, DPRD Pekanbaru Minta Ini ke Pemko

Pemko Pekanbaru sudah membebaskan atau membeli tanah pekuburan di wilayah Okura, Rumbai Timur, Pekanbaru tahun 2021 lalu.

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Ariestia
Istimewa
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Pekanbaru Aidil Amri S Sos 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemko Pekanbaru sudah membebaskan atau membeli tanah pekuburan di wilayah Okura, Rumbai Timur, Pekanbaru tahun 2021 lalu.

Luas kawasan yang dibebaskan untuk lahan tempat orang meninggal dunia tersebut, sekitar 4 hektar.

Dengan sudah dibeli Pemko lahan tersebut, masyarakat tempatan kini tak risau lagi untuk menguburkan warganya yang meninggal dunia. Namun kini yang menjadi persoalan, akses ke lahan pekuburan itu, belum diaspal alias masih jalan tanah.

Warga setempat beberapa kali mengadukan ikhwal ini, ke Anggota DPRD Pekanbaru  Aidil Amri S Sos. Termasuk melaporkan masih adanya pungli oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, memungut sejumlah uang kepada keluarga yang meninggal dunia.

"Iya, laporan warga masih dipungut uang oleh oknum di Pekuburan Okura sampai hari ini masih kita dapatkan. Tentu hal ini sangat kita sayangkan, harusnya tidak terjadi," kata Aidil Amri kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (16/1/2023).

Karena pungutan uang kuburan tersebut sudah meresahkan, Politisi Senior Partai Demokrat ini meminta, agar warga bisa melaporkan hal ini ke pihak terkait. Bisa melaporkannya ke Lurah, Camat dan Kepolisian setempat, termasuk ke DPRD Pekanbaru.

Dengan begitu, laporan warga bisa ditindaklanjuti, agar pelaku yang memungut bisa diproses sesuai hukum yang berlaku.

"Lebih dari itu, kita juga meminta Pemko melalui jajarannya, bisa membuat plang pengumuman di area pekuburan Okura tersebut, bahwa siapapun warga yang meninggal dunia, dikubur gratis alias tak dipungut biaya," harapnya.

Aidil Amri yang juga Ketua Komisi III DPRD ini meminta kerjasama masyarakat, agar tidak ada lagi pungutan apapun di area pekuburan Okura ini. Sebab, pemerintah sudah menyediakan tempat, tinggal lagi masyarakat yang merawatnya.

Apalagi masyarakat Okura dipastikan punya keluarga, yang nantinya bakal di kubur di tanah Pekuburan Okura tersebut. "Mari sama-sama kita jaga ini," ajaknya.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa khusus untuk akses jalan menuju tanah Pekuburan Okura, dirinya meminta agar tahun 2023 ini Pemko melalui OPD terkait, jalannya bisa diaspal atau disemenisasi.

"Kondisi jalannya saat ini sangat memprihatinkan. Apalagi kalau musim hujan, agak susah masuk. Makanya kami mewakili masyarakat, meminta Pemko Pekanbaru memprioritaskan jalan ini diaspal segera," pintanya berharap. ( Tribunpekanbaru.com/ Syafruddin Mirohi).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved