Breaking News:

Berita Riau

Beras Premium Penyebab Tingginya Inflasi di Riau, Gubri Perintahkan Pakai Beras Lokal

Berdasarkan data dari BPS nasional, ternyata tinggi inflasi di Riau banyak disumbangkan dari Pekanbaru, barangnya adalah beras

Penulis: Syaiful Misgio | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, penyumbang inflasi adalah beras. Ia minta OPD terkait melakukan operasi pasar agar inflasi di Pekanbaru akibat tingginya harga beras dapat dikendalikan 

 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Naiknya harga beras premium di Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru menjadi penyebab tingginya inflasi di Riau.

Saat ini inflasi di Riau mencapai 6,81 persen.

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar meminta dinas terkait untuk menyiapkan langkah kongkret pengendalian inflasi di Provinsi Riau.

Gubri mengatakan, berdasarkan data dari BPS nasional, ternyata tinggi inflasi di Riau banyak disumbangkan dari Pekanbaru.

"Pekanbaru itu yang menyumbang inflasi adalah beras, 19 persen dari beras. Itu langsung Kepala BPS yang menyampaikan," kata Gubri saat rapat koordinasi pengendalian inflasi bersama OPD di lingkungan Pemprov Riau, di Balai Serindit Gedung Daerah, Jumat (20/1/2023).

Gubri meminta OPD terkait untuk melakukan operasi pasar secara terus menerus, agar inflasi di Pekanbaru akibat tingginya harga beras dapat dikendalikan.

"Pekanbaru ini harus terus dilakukan operasi pasar terus menerus sampai bulan Desember mendatang," ujarnya.

Selain itu, lanjut Gubri, tingginya harga beras premium di Pekanbaru ini disebabkan tinggi konsumsi beras premium.

Karena itu perlu dilakukan intervensi agar harga beras tidak melambung terus.

"Rata-rata masyarakat Pekanbaru mengkonsumsi beras premium," sebutnya.

Melihat kondisi tersebut, Gubri memerintahkan Dinas Pangan dan Holtikultura Riau agar mengambil beras dari kabupaten untuk dijual di Pekanbaru.

"Saya dapat informasi beras premium ini ada juga di Siak dan Kampar," katanya.

Selain Dinas Ketahanan Pangan, Gubri juga memerintahkan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Riau untuk membantu pemasaran beras premium dari Riau kepada pedagang.

"Jangan kita diam saja, jangan kita tergantung terus dengan beras dari provinsi tetangga. Kalau seperti itu terus tidak akan mungkin inflasi ini turun. Makanya harus ada langkah gerakan dan langkah kongkret," katanya.

( Tribunpekanbaru.com / Syaiful Misgio )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved