Breaking News:

DPRD Pekanbaru

Tahun Ini Pemko Bangun 2 SMPN di Rumbai dan Tuah Madani, DPRD Sebut Pemko Komit Majukan Pendidikan

Pimpinan DPRD Pekanbaru Ginda Burnama ST MT mengatakan pembangunan SMPN di Kota Pekanbaru, memang harus mulai dilaksanakan

Penulis: Syafruddin Mirohi | Editor: Nurul Qomariah
Istimewa
Pimpinan DPRD Pekanbaru Ginda Burnama ST MT mengatakan pembangunan SMPN di Kota Pekanbaru, memang harus mulai dilaksanakan karena Pekanbaru kini memang kekurangan SMPN. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - DPRD Pekanbaru memberikan apresiasi tinggi kepada Pemko, dalam hal memajukan pendidikan di Kota Bertuah ini.

Terbukti di tahun 2023 ini, setelah menganggarkan beasiswa untuk masyarakat, Pemko Pekanbaru juga dipastikan akan membangun 2 SMPN.

Sekretaris Disdik Pekanbaru Muzailis menyebutkan, 2 gedung SMPN yang akan dibangun tersebut lokasinya di Meranti Pandak Rumbai, dan di kawasan Damai Langgeng Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tuah Madani.

Saat ini, proses review dan tender, sudah mulai dilakukan.

Pimpinan DPRD Pekanbaru Ginda Burnama ST MT, merespons ikhwal ini.

Katanya, pembangunan SMPN di Kota Pekanbaru, memang harus mulai dilaksanakan. Sebab, Kota Pekanbaru kini memang kekurangan SMPN.

"Ya, dalam memajukan pendidikan, kita wajib mensupportnya. Apapun itu, demi masyarakat kita bisa mengenyam pendidikan. Kita di DPRD akan terus mendukungnya," tegas Ginda Burnama kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (19/1/2023).

DPRD secara lembaga juga berharap, pembangunan sekolah tersebut, bisa selesai dikerjakan tahun 2023 ini. Dengan demikian, pada tahun ajaran selanjutnya, masyarakat bisa menempatinya.

Mengenai baru dua gedung SMPN bisa dibangun dengan APBD Pekanbaru, Ginda Burnama sangat memahaminya.

Sebab, Pemko masih kekurangan anggaran, di samping program wajib lainnya harus dijalankan juga.

"Kita patut acungkan jempol, meski baru dua. Karena kita yakini baru dua lokasi itu yang siap. Untuk kecamatan lainnya mungkin masih pendataan. Terutama soal kesiapan lahan," sebut Politisi milenial ini.

Diakuinya, Kota Pekanbaru masih kekurangan SMPN, meski masih ada sekolah swasta untuk menampung tamatan SD, yang jumlahnya belasan ribu setiap tahunnya.

Tapi paling tidak, Pemko Pekanbaru sudah mulai mencari solusi kekurangan SMPN, apalagi untuk mengantisipasi penerimaan siswa baru yang menggunakan sistem zonasi.

"Mudah-mudahan tahun depan bisa dibangun baru lagi, begitu selanjutnya. Termasuk kita harapkan juga bantuan pembangunan SMPN dari Pemprov Riau," harap Ginda.

Kabid Sarana dan Prasarana Disdik Pekanbaru Multi Feri, saat dikonfirmasi ikhwal ini menjelaskan, bahwa anggaran pembangunan dua SMPN tersebut sudah disiapkan Rp 12 miliar.

Untuk gedung SMPN yang akan dibangun di kawasan Damai Langgeng Tuah Madani, sebanyak 8 ruangan, plus pos penjaga dan pagar. Saat ini, prosesnya masih review.

"Sedangkan untuk di Meranti Pandak, kini prosesnya sudah masuk tender. Kita perkirakan prosesnya bisa sampai Maret atau April," papar Multi Feri.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa pembangunan dua SMPN ini akan selesai dibangun pada tahun 2023 ini.

( Tribunpekanbaru.com / Syafruddin Mirohi )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved