Breaking News:

Berita Riau

Total Pendaftar Pengawas Kelurahan dan Desa di Pekanbaru 398, Peserta yang Dibutuhkan 83

Data hari terakhir pendaftaran Pengawas Kelurahan Desa atau Pengawas tingkat kelurahan di Pekanbaru, tercatat ada 398 pelamar, yang dibutuhkan 83

Penulis: Nasuha Nasution | Editor: Nurul Qomariah
Tribunpekanbaru.com/Nasuha Nasution
Ilustrasi. 

 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Berdasarkan data hari terakhir pendaftaran Pengawas Kelurahan Desa atau Pengawas tingkat kelurahan, tercatat ada 398 pelamar.

Meski jumlah pelamar tinggi, ada tiga kelurahan yang harus diperpanjang masa pendaftaran.

Dari 398 pelamar, 185 di antaranya pelamar perempuan, dan 213 lainnya laki-laki.

Sementara itu, tiga kelurahan yang harus diperpanjang masa pendaftaran lantaran kuota pelamar belum mencukupi dan ada yang belum memenuhi keterwakilan perempuan.

"Tiga kelurahan itu adalah Air Hitam Kecamatan Payung Sekaki, Pulau Karam Sukajadi dan Sungai Ambang Rumbai Timur," kata Koordinator Divisi SDM, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Kota Pekanbaru Siti Syamsiah, Jumat (20/01/2023).

Sedangkan kebutuhan untuk PKD di Kota Pekanbaru hanya 83 pengawas sesuai jumlah kelurahan, karena setiap kelurahan hanya dibutuhkan satu saja.

Sesuai timeline, jadwal perpanjangan di tiga kelurahan itu mulai tanggal 24 sampai 26 Januari. Artinya ada tiga hari waktu perpanjangan di tiga kelurahan tersebut.

Ia mengajak putra putri terbaik Kota Pekanbaru untuk ikut mendaftar menjadi bagian dari Bawaslu.

Warga yang berminat bisa mengambil formulir di sekretariat Panwaslu Kecamatan, tiga kelurahan yang diperpanjang.

Ia menjelaskan, syarat pelamar harus memiliki KTP elektronik. Pelamar yang berminat, hanya bisa mendaftar di wilayah kecamatan sesuai KTP.

Namun, bisa memilih kelurahan dalam lingkup kecamatan tersebut.

"Harus punya KTP elektronik dengan domisili kecamatan. Kelurahan yang dipilih tidak masalah memilih di luar kelurahan domisili, selagi masih di dalam satu kecamatan. Kalau PNS harus mendapatkan izin atasan. Untuk umur minimal 21 tahun,"ujar Siti.

( Tribunpekanbaru.com / Nasuha Nasution )

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved