Breaking News:

Sarana Edukasi dan Support PMI, PT KPI RU Sungai Pakning Gelar Donor Darah

PT KPI Refinery Unit RU Sungai Pakning, Riau melaksanakan kegiatan Donor Darah bersama Simpatisan Pendonor Darah (Simpenda)

Editor: Rinal Maradjo
istimewa
KPI RU Sungai Pakning Gelar Donor Darah 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAIPT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Sungai Pakning melaksanakan kegiatan Donor Darah bersama Simpatisan Pendonor Darah (Simpenda), yang merupakan salah satu binaan CSR perusahaan di Kantor Camat Bandar Laksamana, Bengkalis pada Kamis (19/1/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh Manager Production KPI RU Sungai Pakning, masyarakat sekitar Kecamatan Bandar Laksamana, Palang Merah Indonesia (PMI) Bandar Laksamana, PMI Bengkalis, Camat Bandar Laksmana beserta jajarannya, dan 50 peserta yang mengikuti aksi donor darah.

Ketua Simpenda, Yulizar, menjelaskan kegiatan ini merupakan sarana edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya donor darah, serta membantu ketersediaan stok darah di wilayah setempat.

"Hasil yang ingin dicapai dari Donor Darah ini adalah terpenuhinya pasokan darah di PMI sehingga kebutuhan penerima donor khususnya masyarakat setempat dapat terpenuhi," ungkapnya.

Ketua PMI Bandar Laksamana, Sarikun, mengatakan peserta yang akan melakukan donor darah diseleksi terlebih dahulu melalui screening atau pemeriksaaan untuk mengecek apakah mereka memiliki tensi darah dan kadar sel darah yang cukup, memiliki berat badan yang cukup, tidak mengkonsumsi obat-obatan , tidak menggunakan narkoba, dan tidak memiliki riwayat penyakit menular.

“Saya berharap kegiatan donor darah yang dilaksanakan Simpenda ini dapat mendorong masyarakat lebih peduli kepada orang lain, lingkungan sekitar, dan dapat melakukan hal berdampak bagi sesama. Semoga kegiatan donor darah ini dapat terus menjadi kegiatan rutin karena bermanfaat bagi kesehatan diri sendiri dan tentunya untuk kebutuhan orang banyak,” ujarnya.

Sementara itu Manager Production KPI RU Sungai Pakning, R Moh Kun Tauchid, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitar, dan juga untuk mengedukasi masyarakat.

Pihaknya berharap dengan kegiatan ini dapat membantu PMI untuk penyediaan kebutuhan jumlah darah yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Kegiatan donor darah ini penting karena menyimbolkan bagaimana kita melakukan gotong royong untuk membantu sesama yang membutuhkan. Ini bukan hal yang biasa tapi hal luar biasa, karena setetes darah hari ini akan menolong jiwa manusia lainnya,” ujarnya.

Camat Bandar Laksamana, Taufik Hidayat, menyebut bahwa kebutuhan darah di wilayah itu sangat besar.

Dengan adanya kegiatan diharapkan bisa menjamin ketersediaan darah itu. Dia juga berharap kepada masyarakat untuk dapat mendonorkan darah secara sukarela dan rutin.

“Harapan kami mudah-mudahan kegiatan donor darah ini semakin berkembang dan semakin diminati masyarakat, khususnya yang berada di Kecamatan Bandar Laksamana,” pungkasnya. (ADV)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved