Breaking News:

Berita Pelalawan

Diperintahkan Bentuk Pantarlih, KPU Pelalawan Lantik 354 Panitia Pemungutan Suara Untuk Pemilu 2024

KPU Kabupaten Pelalawan resmi melantik 354 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bertugas pada Pemilu 2024

Penulis: johanes | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU.COM/JOHANNES TANJUNG
KPU Kabupaten Pelalawan resmi melantik 354 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bertugas pada Pemilu 2024 , Selasa (24/1/2023). Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung 


TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pelalawan resmi melantik 354 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bertugas pada Pemilu 2024 , Selasa (24/1/2023).

Pelantikan PPS digelar di gedung daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci secara serentak.

Sebanyak 354 PPS ini berasal dari 118 desa dan kelurahan di 12 kecamatan di Pelalawan.

Setiap desa dan kelurahan ada 3 PPS yang akan membantu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam mempersiapkan Pemilu 2024.

Seluruh anggota PPS hadir menggunakan pakaian putih dipadu dengan bawahan hitam mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah.

Pengukuhan anggota PPS ini dihadiri langsung Bupati Pelalawan H Zukri, Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SIK SH, perwakilan Dandim, serta pimpinan instansi lainnnya.

Selain itu, PPK dari setiap kecamatan juga datang termasuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan unsur lainnya.

Ketua KPU Pelalawan, Wan Kardiwandi dalam sambutannya menyebutkan, anggota PPS yang dilantik merupakan hasil seleksi secara terbuka yang digelar KPU sejak beberapa waktu lalu.

Proses penerimaan anggota PPS hampir sama dengan perekrutan PPK sebelumnya.

Setiap desa atau kelurahan ada 3 PPS yang akan menyelenggarakan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

"Setelah pulang ke desa maupun kelurahan masing-masing nanti, langsung bekerja dan tidak ada lagi waktu untuk berleha-leha. Tahapan Pemilu sudah kita mulai," terang Ketua KPU Pelalawan, Wan Kardiwandi.

Ia menjelaskan, PPS diminta segera membentuk Petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih) di setiap desa dan kelurahan.

Pantarlih ini akan bertugas untuk melakukan pemutakhiran data pemilih yang akan digunakan pada Pemilu yang jatuh pada 14 Februari 2024 nanti.

PPS diminta untuk segera berkoordinasi dengan kepala desa (kades), lurah, tokoh masyarakat, tokoh agama setempat, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan unsur lainnya yang ada di wilayah kerjanya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved