Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Dana Beasiswa Tak Kunjung Cair, Mahasiswa Geruduk Kantor Bupati Pelalawan

Adapun isi tuntutannya yakni meminta bantuan pendidikan tahun 2022 yang seharusnya disalurkan kepada mahasiswa segera dicairkan. Sebab sudah ditunggu

Penulis: johanes | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Pengurus dan anggota Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Pelalawan (Hipmawan) Kota Pekanbaru mendatangi kantor Bupati Pelalawan pada Selasa (24/1/2023) pagi melakukan unjuk rasa.

Para mahasiswa menggelar aksi damai dengan berorasi serta membawa kertas berisikan tuntutannya. Mereka unjuk rasa di depan pintu gerbang kantor bupati yang meminta Bupati Pelalawan untuk segera menemui pendemo. 

Adapun isi tuntutannya yakni meminta bantuan pendidikan tahun 2022 yang seharusnya disalurkan kepada mahasiswa segera dicairkan. Sebab sudah ditunggu-tunggu hingga Bulan Januari 2023 ini, belum ada pembayaran program bantuan pendidikan.

"Kami meminta dana bantuan pendidikan segera dibayarkan kepada mahasiswa, karena itu hak kami. Sampai saat ini belum ada kejelasan kapan dicairkan," ungkap Koordinator aksi Muhammad Firdaus dari pengeras suara yang disambut teriakan dari beberapa pengurus dan anggota Hipmawan Pekanbaru, Selasa (24/1/2023).

Unjuk rasa Hipmawan dijaga ketat personil dari Polres Pelalawan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di depan pintu gerbang kantor bupati. Mereka membawa ban bekas dan bahan bakar minyak jenis pertalite dengan maksud akan dibakar, jika aksinya tak ditanggapi. Bahkan bahan bakar sudah sempat disiramkan ke ban bekas dan tinggal menyalakan api.

Berselang beberapa lama, Bupati Pelalawan H Zukri keluar dari ruangan dan berjala dari kantor bupati ke gerbang untuk menemui para pendemo. Setelah ditemui Bupati Zukri, koordinator aksi langsung membacakan isi aspirasi mereka di hadapan bupati dan para pejabat lainnya.

Ada dua tuntutan yang dibacakan pendemo yakni meminta Bupati Zukri merealisasikan bantuan pendidikan beasiswa kepada mahasiswa kabupaten Pelalawan tahun 2022 dengan batas waktu 2x24 jam. Mahasiswa juga mendesak Bupati Zukri mencopot Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Pelalawan, karena tidak menjalankan tugas dan fungsinya dengan benar.

"Kami menunggu realisasi dari tuntutan kami ini dari pak bupati," tambah mahasiswa.

Bupati Zukri menerangkan, bantuan pendidikan tahun 2022 sebenarnya telah dibahas terkait solusi dan pencairannya kepada mahasiswa. Sebelum aksi unjuk rasa digelar Hipmawan, Pemda telah mengambil langkah untuk pembayaran bantuan pendidikan ini. Bahkan proses yang telah dijalankan Pemkab tinggal selangkah lagi yakni menyalurkan bantuan kepada masing-masing mahasiswa yang terdaftar sebagai penerima.

"Kalau diminta 2x24 jam mungkin bisa, tapi karena tidak semua mahasiswa memiliki rekening di Bank Riau Kepri, ini akan membutuhkan waktu dalam pengirimannya ke rekening bank lain," beber Zukri.

Zukri menegaskan, komitmen Pemda untuk memberikan bantuan pendidikan kepada mahasiswa Pelalawan yang kuliah di dalam dan di luar daerah tetap kuat. Anggaran telah disiapkan dan tinggal pendistribusiannya saja. Dalam beberapa hari ini akan tuntas dan tersalurkan ke rekening masing-masing mahasiswa.

Kepala Bagian Kesra Setdakab Pelalawan, Amri Juharza menyebutkan, Pemkab menganggarkan bantuan pendidikan dan beasiswa sebesar Rp 10,4 Miliar tahun 2022 lalu. Proses administrasi dan pengurusan sebenarnya telah tuntas pada 30 Desember 2022. Namun karena ada unjuk rasa saat itu, Pemda tidak sempat menyalurkannya lantaran menunggu masukan dari hasil unjuk rasam

"Uangnya sudah kita tarik dari kas daerah saat itu dan tinggal menyalurkan saja. Karena ada demo kemarin sehingga tertunda sampai sekarang," kata Amri Juharza.

Pihaknya memastikan beasiswa dan bantuan pendidikan dibayarkan sepanjang pekan ini. Mulai besok, Rabu (25/1/2023), proses di Bank Riau Kepri akan dimulai untuk dibayarkan termasuk mahasiswa yang memiliki nomor rekening di bank lain.

( Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved