Breaking News:

Video Berita

VIDEO: Momen Kemeriahan Perayaaan Imlek 2023 di Klenteng Multi Marga Bagansiapiapi

Perayaan pergantian tahun baru Imlek 2574/2023 di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) di pusatkan di depan Klenteng Multi Marga, Bagansiapiapi, Sabtu (21/1/

Penulis: T. Muhammad Fadhli | Editor: David Tobing

TRIBUNPEKANBARU.COM, BAGANSIAPIAPI – Perayaan pergantian tahun baru Imlek 2574/2023 di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) di pusatkan di depan Klenteng Multi Marga, Bagansiapiapi, Sabtu (21/1/2023) malam.

Perayaan tahun baru Imlek 2023 ditandai dengan pemukulan gong yang di sertai dengan penyalaan kembang api dengan dibuka oleh Wakil Bupati Rohil, H Sulaiman SS MH.

Wakil Bupati (Wabup) Rohil H Sulaiman menyampaikan ucapan selamat tahun baru imlek 2074 kepada seluruh warga Tionghoa khususnya yang ada di Kabupaten Rohil.

“Selamat menyambut tahu baru imlek, kami berharap dengan tahun baru imlek ini Rohil dalam keberkahan dan kedamaian,” ujar Bupati.

Wabup berharap kepada semua suku dan agama yang ada di Kabupaten Rohil saling mendukung dan bersatu dan tidak ada perbedaan.

“Tidak ada istilah pendatang, semua masyarakat yang tinggal di Rohil berarti ia adalah orang Rohil, sebagai warga Kabupaten Rohil mari bersama-sama dalam membangun daerah yang kita cinta ini,” harapnya.

Bagi warga Tionghoa yang telah merantau dan sukses di luar, Wabup juga mengajak tidak lupa kampung halaman untuk ikut serta dalam membangun dan mengembangkan Rohil kedepannya.

Wabup menambahkan, selama ini kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Rohil sudah terjalin dengan sangat baik tanpa adanya gesekan apapun.

“Bahkan jika ingin melihat kedamaian dan keharmonisan antara suku dan umat beragama, cukup datang ke Bagansiapiapi,” bebernya.

Wabup menerangkan, selaku pemerintah daerah yang baru menjabat selama 1,8 tahun, berbagai pembangunan telah dilaksanakan di negeri yang berjuluk seribu Kubah meski masih banyak yang belum dapat terlaksana.

Namun yang menjadi satu diantara priotas dikatakan Wabup telah di penuhi, seperti pelayanan yang mudah dan cepat serta tepat dan tidak bertele-tele.

“Karena pelayanan adalah kunci utama kemajuan. Berkaitan dengan infrastruktur sambungnya, di beberapa wilayah juga sudah kita laksanakan pembangunan prioritas baik jalan maupun jembatan,” pungkasnya.

Pengurus Multi Marga Tionghoa Rokan Hilir (Rohil) Akang mengatakan, tidak adanya pembatasan ini menjadi berkah tersendiri, karena keluarga tidak ragu untuk pulang ke kampung halaman untuk merayakan imlek.

“Imlek tahun ini memang lebih meriah dari tahun sebelumnya. Seluruh keluarga yang berada di luar daerah dan negeri kembali pulang, sudah terbebas dari wabah covid 19 ,” ujarnya.

Akang berharap, tahun shio kelinci air pada Imlek 2574 ini menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat tionghoa.

“Semoga tahun ini membawa keberkahan, kemakmuran dan di mudahkan segala usaha,” harap Akang.

Untuk diketahui, pada tanggal 4 februari 2023 juga akan diadakan pentas seni dalam rangka menyambut perayaan Cap Go Meh, dilanjutkan pada tanggal 5 februari akan dilaksanakan pawai lampion sebagai puncak perayaan cap go meh.

Sesuai dengan kepercayaan umat Tionghoa, tahun baru Imlek kali ini merupakan shio tahun kelinci yang tentunya akan mendatangkan keberuntungan.

( Tribunpekanbaru.com/T. Muhammad Fadhli).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved