Breaking News:

Padahal Lagi Perang, Para Pejabat Ukraina Malah Korupsi, Zelensky Rombak Kabinetnya

Wakil Menteri Pertahanan Viacheslav Shapovalov menyerahkan surat pengunduran diri yang ditulis tangan sehari setelah muncul laporan dugaan korupsi.

Genya SAVILOV / AFP
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berpidato dalam konferensi pers dengan media internasional di stasiun metro bawah tanah di Kyiv pada 23 April 2022. Zelensky mengkritik keputusan Sekretaris Jenderal PBB untuk mengunjungi Moskow pada 26 April, sebelum menuju ke Kyiv. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pemerintahan Ukraina saat ini menjadi sorotan ditengah situasi Perang.

Pasalnya, pemerintahan Ukraina diterpa deretan pengunduran diri dan pemecatan pada Senin (22/1/2023) dan Selasa.

Dilansir NPR, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan para pemimpin pemerintah lainnya mengonfirmasi perombakan posisi tingkat tinggi.

Seorang penghubung Kabinet Ukraina memberi tahu parlemen bahwa mereka telah memberhentikan enam wakil menteri dan lima administrator regional karena alasan yang dirahasiakan.

Dalam pidato malamnya pada hari Senin, Zelensky mengatakan:

"Kami telah membuat keputusan personel - beberapa hari ini, beberapa besok - mengenai pejabat di berbagai tingkatan di kementerian dan badan pemerintah pusat lainnya, di daerah, dan dalam sistem penegakan hukum."

Wakil Menteri Pertahanan Viacheslav Shapovalov menyerahkan surat pengunduran diri yang ditulis tangan sehari setelah muncul laporan dugaan korupsi.

Laporan itu menuduh Shapovalov menggunakan dana kementerian untuk membeli makanan dan pakaian musim dingin taktis dengan harga di atas pasar.

Klaim itu dibantah oleh Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov.

"Terlepas dari kenyataan bahwa tuduhan itu tidak berdasar dan tidak beralasan, permintaan pengunduran diri Viacheslav Shapovalov mengikuti tradisi politik Eropa dan demokrasi."

"Sebuah demonstrasi bahwa kepentingan pertahanan lebih tinggi daripada posisi kabinet mana pun," tulis Reznikov dalam surat yang mengonfirmasi pengunduran diri Shapovalov.

Sementara itu, Kyrylo Tymoshenko, seorang ajudan Zelensky juga menyerahkan surat pengunduran diri tulisan tangan kepada presiden Senin malam.

Zelensky mengkonfirmasi mundurnya Tymoshenko Selasa pagi tanpa menyebutkan alasannya.

Saat perang berlangsung, Tymoshenko membentuk lingkaran penasihat muda yang membuat Zelensky menjadi seperti selebritas di Ukraina, sering memposting video ke media sosial dan membuat penampilan televisi yang optimis.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved