Breaking News:

Perusahaan Kimia Terbesar di Dunia Bakal Buka Pabrik di Maluku Utara

Sebagai informasi, BASF merupakan perusahaan kimia terbesar di dunia asal Jerman yang berkantor pusat di Ludwigshafen.

Istimewa
Perusahaan Kimia Terbesar di Dunia Bakal Buka Pabrik di Maluku Utara 

TRIBUNPEKANBARU.COM - BASF, perusahaan kimia terbesar di dunia asal Jerman yang berkantor pusat di Ludwigshafen bakal membuka pabrik di Maluku Utara.

Perusahaan tersebut berencana akan mulai membangun ekosistem baterai kendaraan listrik (electric vehicle) pada tahun 2023.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa rencana investasi dari perusahaan BASF di Indonesia mencapai US$ 2,6 miliar. 

"Kalau ditanya tentang investasi, yang riil masuk kurang lebih US$ 2,6 miliar. Sisanya banyak tetapi saya tidak boleh bicara karena kami punya deal dengan meraka," ujar Bahlil dalam Konferensi Pers BKPM, Selasa (24/1).

Ia menyebut, proses groundbreaking rencananya akan berlangsung pada kuartal I-2023.

"BASF ini salah satu perusahaan terbesar di dunia khususnya pemain petrokimia. Ini bukan perusahaan kacang goreng. Jadi ini yang hanya kita urus Korea, Jepan dan China. Eropa pun kita urus. Buktinya mereka akan masuk tahun ini groundbreaking," tutur Bahlil.

Bahlil juga menceritakan kisahnya saat pertemuan di World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, belum lama ini.

Ia mengatakan, ia juga bertemu dengan sejumlah menteri negara Eropa, seperti Polandia, dan juga Menteri Keuangan Hongkong untuk membahas arah kebijakan ekonomi global di tengah ketidakpastian tersebut.

"Kami berbicara tentang arah kebijakan negara berkembang, bagaimana Indonesia ke depan, kemudian kita memberi masukan kepada global," katanya.

(*)

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved