Berita Pelalawan

Dipastikan Tak Ada Ujian CAT, 1.056 Guru Honor di Pelalawan akan Direkrut Sebagai PPPK Tahun Ini

Penulis: johanes
Editor: Nurul Qomariah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala BKPSDM Pelalawan, Darlis M.Si mengatakan, proses pengangkatan PPPK tahun ini tanpa tes atau tidak melalui ujian sistem Computer Asisted Test (CAT) seperti sebelumnya.


TRIBUNPEKANBARU.COM, PELALAWAN - Perekrutan guru honor di Kabupaten Pelalawan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) tahun 2022 ini telah disetujui oleh pemerintah pusat.

Melalui Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB).

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pelalawan, Darlis M.Si, formasi penerimaan PPPK khusus untuk guru honor telah diterima dari pusat.

Pemerintah kabupaten dipersilahkan untuk melakukan proses perekrutan sesuai dengan prosedur dan persyaratan yang ditetapkan.

"Formasi untuk PPPK guru sudah keluar dan telah kami terima. Jadi kita dipersilahkan melaksanakan perekrutan. Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan," tutur Darlis kepada Tribunpekanbaru.com Minggu (2/10/2022).

Darlis menerangkan, banyak syarat yang harus dipenuhi oleh setiap guru honorer yang sudah bertahun-tahun bekerja namun tak kunjung diangkat sebagai ASN.

Seleksi administrasi akan dimulai oleh BKPSDM dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), tentu mengacu pada syarat dari kementerian.

Selanjutnya, para guru berstatus Pegawai Tidak Tetap (PTT) itu akan mengikuti ujian kompetensi.

"Tidak ada ujian melalui Computer Asisted Test atau CAT, tapi ujian kompetensi saja nanti," tutur Darlis.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pelalawan, Abu Bakar FE menjelaskan, dari hasil Rapat Koordinasi (Rakor) di Jakarta, Disdikbud diminta untuk segera menuntaskan pendataan pegawai honor yang berstatus sebagai guru yang layak diangkat menjadi PPPK sesuai persyaratan yang ditetapkan pusat.

Validasi data itu harus tuntas sebelum akhir tahun, sebab pengangkatan PPPK dijadwalkan Bukan Desember mendatang.

Diterangkannya, untuk tahun 2021 dan 2022 Pelalawan mendapatkan jatah PPPK sebanyak 1.056 orang.

Sebanyak 45 orang telah lulus pada seleksi yang digelar tahun 2021 lalu oleh pihak kementerian.

Ada juga 115 orang masuk dalam daftar tunggu berdasarkan hasil passing grade saat ujian.

Halaman
12