Cuaca Ekstrem di Riau

Cuaca Ekstrem di Riau, KSOP Dumai Imbau Nelayan dan Perusaaan Pelayaran Tak Paksakan Berlayar

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi. Cuaca Ekstrem di Riau, KSOP Dumai Imbau Nelayan dan Perusaaan Pelayaran Tak Paksakan Berlayar

 

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Cuaca Ekstrem di Riau Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Kepelabuhanan (KSOP) Kelas I Dumai, mengeluarkan surat edaran.

Surat edaran itu sebagai bentuk imbauan kepada ‎perusahaan pelayaran dan perusahaan keagenan kapal, nakhoda kapal dan operator kapal serta pengguna jasa dan masyarakat maritim, untuk tidak memaksakan diri berlayar ketika Cuaca Ekstrem di Riau .

Seperti diketahui belakangan ini Cuaca Ekstrem di Riau tidak bisa diprediksi seacara kurat.

‎Demikian diungkapkan Kasi Keselamatan Berlayar Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Kepelabuhanan (KSOP) Kelas I Dumai, Capt Andri Muhamad, Minggu (6/11/2022).

Ia ‎mengungkapkan, melihat kondisi cuaca buruk, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran Nomor: UM.002/14/04/KSOP-Dmi-2022 tentang antisipasi menghadapi cuaca buruk dalam rangka keselamatan pelayaran.

Surat edaran tersebut ditujukan kepada perusahaan pelayaran dan perusahaan keagenan kapal, nakhoda kapal dan operator kapal serta pengguna jasa dan masyarakat maritim.

Andri sapaan akrabnya mengungkapkan, isi surat edaran tersebut, perusahaan pelayaran dan perusahaan keagenan kapal, dan pemanduan dalam mengoprasikan kapal agar lebih mengutamakan unsur keselamatan pelayaran.

Serta senantiasa memantau perubahan iklim dan cuaca dari BMKG.

"Nakhoda kapal dan operator kapal yang akan berlayar agar tidak memaksakan dirni untuk berlayar dalam kondisi cuaca buruk, antara lain gelombang tinggi dan jarak pandang (visibility) terbatas," paparnya.

Kepada nakhoda kapal dan operator kapal yang sedang dalam pelayaran, agar menggunakan peralatan navigasi dan komunikasinya secara optimal.

Jika dalam kondisi cuaca buruk dan ombak tinggi agar berlayar dengan kecepatan aman serta segera mencari perlindungan ke tempat yang aman.

"Jika cuaca buruk, kepada nakhoda kapal, operator kapal dan agen pelayaran diimbau untuk menunda keberangkatan. Ini demi keselamatan selama pelayaran," imbaunya.

Untuk nakhoda kapal dan operator kapal penumpang kecepatan tinggi (passanger high speed craft), Andri menghimbau dalam mengoperasikan kapal harus benar-benar diawaki dengan cukup.

Halaman
12

Berita Terkini