Berita Dumai

Kantor Samsat Dumai Sering Kebanjiran, Pemprov Riau akan Bangun Gedung 3 Lantai, Segini Anggarannya

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Nurul Qomariah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Bapenda Provinsi Riau, Syahrial Abdi

 

TRIBUPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sering kebanjiran, Kantor UPT Samsat Badan Pendapatan Daerah di Kota Dumai akan dibangun lebih megah lagi.

Sebab bangunan yang ada saat ini merupakan bangunan lama yang dibangun sejak 36 tahun yang lalu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan membangun gedung lantai tiga untuk UPT Samsat Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau di Kota Dumai senilai Rp 15 miliar.

"Kita akan bangun gedung UPT Samsat di Dumai. Ini sebagai komitmen pak Gubernur terkait perbaikan fasilitas pelayanan publik," kata Kepala Bapenda Provinsi Riau, Syahrial Abdi, Rabu (9/11/2022).

"Karena itu, kita sudah potret semua UPT-UPT Samsat Bapenda Riau, dan tahun 2023 akan kita mulai di Dumai," imbuhnya.

Dia mengatakan, pembangunan gedung tiga lantai itu direncanakan pada tahun depan.

Syahrial mengatakan, pembangunan gedung UPT Samsat di Dumai dinilai penting karena kantor saat ini dibangun tahun 1986 dan belum ada sesuatu yang baru di sana.

"Selain itu, kalau hujan kantor UPT Samsat Dumai sekarang juga sering terjadi banjirm" terangnya.

"Makanya, tahun 2023 kita berencana bangun gedung baru dengan melakukan penimbunan lebih dari 1 meter, kemudian dengan bangunan tiga lantai dengan anggaran lebih kurang Rp15 miliar," lanjutnya.

Syahrial menyampaikan, gedung UPT Samsat Bapenda di Dumai ini akan menjadi prototipe di semua UPT yang akan dikembangkan kedepannya.

"Jadi kita ingin bangunan kantor Samsat bersama di sana (Dumai) ada Polda, Jasa Raharja, dan Bapenda Riau. Namun kita harapkan bangunan itu nantinya menjadi ikonik, minimal seragam ornamen-ornamennya," jealsnya.

"Sehingga masyarakat tau kalau itu merupakan bangunan Samsat," imbuhnya.

Namun, tambah Syahrial, sebelum gedung UPT Samsat tersebut dibangun, terlebih pihaknya melakukan ekspos di Dumai dengan melibatkan Polres Dumai, Jasa Raharja, KPKNL terkait pelelangan bangunan lama.

Kemudian Dinas PUPR-PKPP Riau untuk pendampingan pembangunan gedung nanti. Selain itu, pihaknya juga meminta pendampingan kepada Kejari Dumai.

"Mudah-mudahan tahun depan bisa kita manfaatkan. November akan kita lelang, kalau bisa Januari sudah dimulai. Kita berharap September sudah selesai," tutup Syahrial.

(Tribunpekanbaru.com / Syaiful Misgio )

Berita Terkini