KPU: 10 Partai Pendukung HA Sudah Sah

Ketua KPU Riau Tengku Edi Sabli, menegaskan 10 partai koalisi pengusung pasangan Herman Abdullah-Agus Widayat (HA) sudah sah.

Laporan: Mayonal Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Ketua KPU Riau Tengku Edi Sabli, menegaskan 10 partai koalisi pengusung pasangan Herman Abdullah-Agus Widayat (HA) sudah sah. Hal tersebut tidak bisa diganggu gugat oleh calon lain. Bahkan, kalau ada calon lain yang menggunakan partai yang sama tidak menjadi perhitungan.

"Kita sudah cek langsung, keabsahan partai semuanya sah. Kalau misalnya salah satu partai pendukung Herman-Agus digunakan calon lain tidak akan mempengaruhi persentase dukungan pak herman-agus," kata Edy menjawab Tribun, Kamis (23/5) di ruang kerjanya.

Sementara verifikasi yang akan dilakukan untuk pasangan ini, hanyalah 33 form menyangkut adminsitrasi lainnya.

Diterangkannya, semua partai pengusng pasangan herman-Agus sudah jelas SK nya dari DPP yang masih berlaku, pada saat pendaftaran ke KPU.

Namun, katanya kalau ternyata pengurus DPP dualisme, nanti akan ditetapkan oleh departemen hukum dan HAM.

Sedangkan persentase dukungan Herman-Agus diakui mencapai 18,33 persen. Keabsahan persentase tersebut tersebut memang berdasarkan data  dari KPU.

Lebih lanjut Edy menjelaskan, masa verifikasi adminsitrasi pasangan calon yang telah mendaftar dilaksanakan sejak 6 sampai 13 Juni 2013 mendatang. Sedangkan sejak tanggal 29 Mei hingga 6 Juni 2013 masa verifikasi calon gubernur perseorangan.

Untuk pencabutan nomor urut, 30 juni sampai 2 juli. Untuk prosesi pencabutan nomor urut, akan dilakukan dengan nuansa tepuk tepung tawar.
"Kita harapkan mereka pasangan calon berpakaian melayu, termasuk kita dari KPU," ujar Edy.

Berikut daftar partai dan persentase suara dukungan untuk Herman Abdullah - Agus Widayat:

Gerindra : 3,36 persen.
PBB: 3,06 persen.
Hanura: 3,04 persen.
PDS: 2,28 persen.
PKNU: 1,76 persen.
PDK: 1,35 persen.
PKPB: 1,35 persen.
Patriot: 1,27 persen.
PPN: 0,60 persen.
PKBIB: 0,59persen.
Jumlah  18,66 persen. (*)

Editor: Zul Indra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved