Pilpres 2019

PKS Siap Usung Prabowo Jadi di Pilpres 2019 Asalkan Penuhi Syarat Ini

Presiden Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Iman memastikan, partainya siap berkoalisi dengan Gerindra untuk mengusung Prabowo.

PKS Siap Usung Prabowo Jadi di Pilpres 2019 Asalkan Penuhi Syarat Ini
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kedua dari kiri), Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Sohibul Iman (kedua dari kanan), 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Presiden Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Iman menyambut baik sikap Ketua Umum Prabowo Subianto yang sudah menyatakan siap untuk mencalonkan diri sebagai presiden dalam Pilpres 2019.

Sohibul memastikan, partainya siap berkoalisi dengan Gerindra untuk mengusung Prabowo.

Namun, dengan syarat, Prabowo harus menggandeng salah satu dari sembilan kader PKS yang sudah ditetapkan sebagai bakal calon presiden/wakil presiden.

"PKS siap koalisi dengan Gerindra dengan salah satu syarat adalah cawapres diambil dari ke-9 kader PKS tersebut," kata Sohibul saat dihubungi, Kamis (12/4/2018).

Baca: Prabowo Maju Sebagai Capres Partai Gerindra, Begini Kata Kepala Staf Kepresidenan

Baca: Berikut 5 Fakta Rakornas Gerindra, Prabowo Nyapres, Sikap PKS hingga Ketum PAN Naik Kuda

Baca: Prabowo Ajak Amien Rais, Zulkifli, dan Sohibul Naik Kuda di Rakornas Gerindra, Ini yang Disampaikan

Sohibul mengatakan, setelah Prabowo menyatakan siap menjadi capres dalam rapat koordinasi partai Gerindra kemarin, maka akan ada pembicaraan lebih fokus terkait siapa diantara sembilan kader PKS yang akan jadi cawapres Prabowo.

"Kami berharap kurang dari sebulan ini hal tersebut menjadi jelas," kata Sohibul.

Adapun sembilan kader PKS yang dimaksud, yakni Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan; Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid; Mantan Presiden PKS Anis Matta; Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Kemudian Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman; Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al'Jufrie; Mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring; Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf dan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.

Muzani menyatakan, sebanyak 34 ketua dewan pimpinan daerah (DPD) tingkat provinsi Partai Gerindra dan 529 ketua dewan pimpinan cabang (DPC) tingkat kabupaten menginginkan Prabowo maju sebagai capres.

Selain itu, dukungan juga datang dari 2.785 anggota DPRD kabupaten/kota dan 251 anggota DPRD tingkat provinsi, serta 73 anggota DPR asal Gerindra.

Sementara itu, dalam pidato pembukaan Rakornas, Prabowo menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai capres jika diberi mandat partainya. Ia menyatakan, dirinya pemegang mandat seluruh kader Gerindra di Indonesia.

"Dengan segala tenaga saya, dengan segala jiwa dan raga saya, seandainya Partai Gerindra memerintahkan saya untuk maju dalam pemilihan presiden yang akan datang, saya siap melaksanakan tugas tersebut," tutur Prabowo. (*) 

Editor: Sesri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help