Ramadan 1439 H

Pemko Pekanbaru Kembali Gelar Even Potang Balimau, Ini Rangkaian Acaranya

Pemerintah Kota Pekanbaru, Rabu (16/5/2018) akan menggelar even petang megang atau potang balimau.

Pemko Pekanbaru Kembali Gelar Even Potang Balimau, Ini Rangkaian Acaranya
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Ribuan warga Kota Pekanbaru memadati Sungai Siak Pekanbaru untuk mengikuti tradisi Petang Megang dengan mandi di sungai dan juga berebut menangkap itik, Rabu (17/6/2015) 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru, Rabu (16/5/2018) akan menggelar even petang megang atau potang balimau. Even ini merupakan even tahunan Pemko Pekanbaru yang diadakan sehari jelang masuk bulan suci ramadhan.

Baca: Pemadaman Darurat, 2 Jam Beberapa Wilayah di Dumai Gelap

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru, Ardiansyah Eka Putra, Selasa (15/5/2018) mengungkapkan, even petang megang tahun ini sama dengan tahun sebelumnya. Rangkaian kegiatan dimulai sekitar pukul 14.00 Wib di Masjid Raya Senepalan.

Kemudian dilanjutkan dengan ziarah ke makan marhum pekan, pendiri kota Pekanbaru. Kemudian shalat ashar berjamaah dan dilanjutkan dengan arak-arakan dari masjid raya ke lokasi acara di plataran rumah singgah tuan kadi.

"Setelah itu baru lah digelar prosesi acara potang balimau," kata pria yang akrap disapa Yayan ini.

Lebih lanjut Yayan mengungkapkan, acara potang balimau akan ditandai dengan penabuhan bedug dan dilanjutkan acara memandikan anak yatim.

Baca: Hasil Sidang Isbat, 1 Ramadan Resmi Jatuh Pada Kamis, 17 Mei 2018

"Nanti kita akan undang anak yatim di sekitar kampung bandar, senapelan untuk dimandikan. Ini merupakan prosesi acara potang balimau," ujarnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini potang balimau, atau balimau kasai, atau petang megang tidak akan diramaikan dengan lomba memangkap itik. Lomba ini memang sudah sejak tiga tahun belakangan ini ditiadakan karena berbagai pertimbangan.

Baca: Jangan Termakan Isu, Pemprov Riau Diminta Tetap Jadikan Sektor Migas untuk Prioritas Dikelola

"Tahun ini lomba memangkap itik kembali kita tiadakan. Paling nanti untuk meramaikan akan ada lomba pacu jalur yang akan digelar oleh Dispora," katanya. (*)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help