Home »

Video

LIVE STREAMING Sidang Isbat Kompas TV, Penentuan 1 Syawal/Idul Fitri 1439 H

"Kami telah mengirim petugas rukyatul hilal yang akan bekerja sama dengan Kakanwil dan ormas untuk melakukan

LIVE STREAMING Sidang Isbat Kompas TV,  Penentuan 1 Syawal/Idul Fitri 1439 H
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Anggota tim Rukyatul Hilal memantau hilal penetapan jadwal puasa 2018 di Masjid Al Musari'in, Basmol, Jakarta, Selasa (15/5/2018). Kementerian Agama menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan 1 Ramadan 1439 H di 95 titik pemantauan yang tersebar di 32 provinsi guna menetukan rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal untuk dimusyawarahkan dalam sidang isbat. 

TRIBUNPEKANBARU.com - Link live streaming sidang isbat penentuan 1 Syawal/ Idul Fitri 1439 H sore ini di Kompas TV.

Kementrian Agama Indonesia akan segera mengumumkan penetapan 1 Syawal 1439 H atau Hari Raya Idul Fitri 2018.

Rencananya, sidang isbat akan diselenggarakan di Auditorium Kementrian Agama, Jakarta pada hari Kamis (14/6/2018) sore ini.

Baca: Salat Ied Kota Bengkalis Akan di Pusatkan di Lapangan Tugu

Baca: Antisipasi Bencana, Basarnas Siagakan Kapal di Pelabuhan Sungai Duku

Dikutip Tribunpekanbaru.com daro Tribunstyle melansir dari Kompas.com, "Sidang akan dimulai pukul 16.30 WIB, diawali dengan paparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal secara astronomis menjelang awal Syawal 1439H," ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin, di Jakarta, Senin (11/6/2018) siang

"Sebagaimana biasa, sidang Isbat berlangsung tertutup. Hasil keputusannya akan disampaikan secara terbuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers setelah sidang isbat," sambung Amin.

Baca: 120 Personel Polisi Kawal Takbir Keliling di Dumai

Rencananya, sidang ini akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dana Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; serta Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama juga turut menghadiri sidang ini.

Pantauan terhadap hilal dilaksanakan di 97 titik pemantauan yang tersebar di 34 Provinsi di seluruh Indonesia, Kamis.

"Kami telah mengirim petugas rukyatul hilal yang akan bekerja sama dengan Kakanwil dan ormas untuk melakukan pemantauan hilal di 97 titik yang telah ditetapkan," terang Amin.

Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1439 Hijriah atau Idul Fitri 2018 jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018.

Baca: Sekitar 900 Petugas Kebersihan Siap Jaga Pekanbaru dari Sampah Saat Lebaran

Halaman
12
Editor: David Tobing
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help