Pilgub Riau 2018

Dewan Nilai Partisipasi dan Serapan Anggaran KPU Riau Rendah

Tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Riau kali ini cukup jauh dari yang ditargetkan, yakni 77,5 persen

Dewan Nilai Partisipasi dan Serapan Anggaran KPU Riau Rendah
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Satu petugas pemilah surat suara Pilgubri 2018 di Dumai memperlihatkan satu surat suara ketika memilah surat suara pada pekan kemarin. 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU- Tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Riau kali ini cukup jauh dari yang ditargetkan, yakni 77,5 persen, sementara pencapaiannya hanya pada angka 59,35 persen.

Dengan penganggaran yang cukup besar, yakni 300 miliar lebih, pihak DPRD Riau menilai sosialisasi kepada masyarakat masih cukup minim, dan semarak Pilkada juga tidak terlalu dirasakan.

Baca: Begini Cara Polisi Mengakhiri Petualangan Spesialis Curat di Pekanbaru

Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwaldy Jusman mengatakan, masih ditemukan masyarakat yang tidak tahu dengan jadwal Pikada Riau, terutama masyarakat di pinggiran dan pedalaman.

"Bahkan masyarakat juga ada yang tidak tahu dengan calon gubernur. Jika sosialisasi maksimal, tentunya hal tersebut diketahui seluruh masyarakat," tuturnya.

Baca: Ini Tanggapan Kemenag Bengkalis Terkait Pungutan Biaya Kelengkapan Siswa Baru di MTsN 1 Bengkalis

Dia juga mengatakan, sosialisasi dalam Pilkada kali ini memang tidak semeriah biasanya. Hal ini juga disebabkan adanya regulasi yang mengatur batasan APK dan lokasi pemasangannya, yang dinilai banyak pihak termasuk calon, pembatasan tersebut keterlaluan.

"Secara biaya memang meringankan beban kampanye paslon, namun efeknya Pilkada tidak semeriah biasanya, dan sosialisasi tak sampai ke masyarakat," ujarnya.

Oleh karena itu, menurut pria yang akrab disapa Dedet ini, pihaknya juga akan mengevaluasi anggaran tersebut untuk melihat seperti apa penggunaannya oleh KPU Riau.

Baca: Job Expo 2018 Kota Pekanbaru di Hotel Mutiara Merdeka, Catat Tanggalnya

Sementara itu, Sekretaris KPU Riau, Rudinal mengatakan, pihaknya tidak mempersoalkan rencana pihak DPRD Riau untuk mengevaluasi anggaran KPU Riau tersebut.

"Tidak masalah, nanti akan kami sampaikan dan jelaskan. Sebelumnya kami juga sudah menyampaikan hasil kinerja di Komisi I DPRD Riau," tuturnya.

Ketua DPRD Riau, Nurhamin mengakui, partisipasi pemilih di Pilkada kali ini cukup rendah, seperti yang ia sampaikan saat rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Provinsi Riau pada hari Minggu lalu, yang juga dijabarkannya terkait redahnya partisipasi tersebut.

Baca: Strategi Market Otomotif Menangkan Persaingan, Konsen pada Pilihan Warna

Tidak hanya itu, serapan anggaran KPU Riau diakuinya memang cukup rendah pada Pilkada kali ini, dan itu semua menurutnya akan menjadi catatan dan evaluasi bagi pihaknya.

"Ini akan menjadi bahan evaluasi kami ke depan. Memang untuk serapan cukup rendah, kami akui hal tersebut, ini akan jadi pelajaran bagi kami kedepannya," tuturnya. (ale)

Penulis: Alex
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help