Home »

Video

VIDEO: Ustadz Abdul Somad Bersama Jemaah Panen Kurma di Masjid Raya An Nur

Indonesia Date Palm Association (IDPA) Korda Riau melakukan panen kurma di Kompleks Masjid Raya An Nur Provinsi Riau,

Laporan videografer Tribunpekanbaru.com,Aan Ramdani

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Indonesia Date Palm Association (IDPA) Korda Riau melakukan panen kurma di Kompleks Masjid Raya An Nur Provinsi Riau, Senin sore (9/7/2018).

Dimana proses pemanenan kurma dilakukan oleh Ustadz Abdul Somad, Gubernur Riau terpilih yang masih menjabat Bupati Siak, Syamsuar, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi dan Ketua Umum Badan Kesejahteraan Masjid Raya An-Nur Provinsi Riau Faizal Komar Karim.

Pelaksanaan panen juga ikut disaksikan oleh jamaah Masjid Raya An Nur Provinsi Riau.

Baca: Jadwal Live Semifinal Piala Dunia 2018, Prancis Vs Belgia dan Kroasia Vs Inggris

Baca: VIDEO: TGB Ungkap Hubungannya dengan Prabowo Usainya Nyatakan Dukungan pada Jokowi

Kurma yang dipanen ini hanya ada 4 tandan dari satu pohon kurma yang berbuah. Sementara itu berdasarkan data dari Indonesia Date Palm Association (IDPA) kurma yang dipanen tersebut merupakan hasil persilangan antara kurma jenis barhee dan Tunisia Deglet Nour.

"Yang kita panen ini usianya baru 20 bulan," jelas Sugeng Khairudin dari Koordinator Lapangan dan Bendahara Indonesia Date Palm Association (IDPA) Korda Riau.

Menurutnya, kebun kurma riset Indonesia Date Palm Association (IDPA) yang berada di kompleks Masjid Raya An-Nur Provinsi Riau sebanyak 56 batang dengan berbagai varietas. Diantaranya kurma jenis barhee, ajwa, khalas, sukarry, shishi nabu saif, ultana, lulu, L1 dan deglet nour.

"Kalau untuk waktu tanamnya ini beda-beda. Untuk usianya kalau kita rata-ratakan berusia 3 tahun," katanya.

Lebih lanjut disampaikanya, kedepan pihaknya juga masih akan melakukan penanaman kurma di Kompleks Masjid tersebut. "Kalau kita lihatkan masih banyak lahan kosong yang bisa kita tanami. Paling tidak hingga 200 batang masih bisa," katanya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga mempersilahkan kepada masyarakat di Riau yang ingin menanan kurma. Panen yang dilakukan tersebut juga bisa menjadi bukti bahwa kurma mampu tumbuh dan berbuah di Riau. Tidak hanya di Riau, menurutnya di Indonesia kurma bisa tumbuh.

Bagi yang hendak berkonsultasi dan menanyakan terkait dengan kurma bisa langsung datang ke IDPA Korda Riau beralamat di Jalan Rajawali Sakti III kav IV nomor 78 Pekanbaru dan dapat mengunjungi fans fage facebook di IPDA Riau dan email idpariau@gmail.com. (*)

Penulis: Aan Ramdani
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help