Home »

Video

VIDEO: Over Kapasitas, KM Jelatik 8 Diamankan KRI Pulau Rusa 726

Hal ini dilakukan karena kedapatan KM yang mengangkut penumpang dan barang rute Pekanbaru - Selat Panjang over kapasitas.

Laporan videografer Tribunpekanbaru.com,Aan Ramdani

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU -- KRI (Kapal Republik Indonesia) Pulau Rusa 726 Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dumai, Senin (9/7/2018) lalu mengamankan Kapal Motor (KM) Jelatik 8.

Hal ini dilakukan karena kedapatan KM yang mengangkut penumpang dan barang rute Pekanbaru - Selat Panjang over kapasitas.

Tepatnya, KM Jelatik 8 dihentikan oleh petugas dari perjalananya dihentikan petugas ketika berlayar dikawasan perairan Kuala Siak.

"Kapasitasnya hanya 165 orang. Tapi yang diangkut mencapai 273 orang. Dan yang tercatat di manifest hanya 113 orang," ungkap Komandan Lanal Dumai, Letnal Kolonel Laut (E) Yose Aldino kepada awak media saat menggelaran konferensi pers di kawasan Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru, Rabu siang (11/7/2018).

Baca: Spanduk Mohon Dukungan Riau Jadi Daerah Istimewa Terpasang di Depan Kantor Gubernur Riau

Baca: Mahasiswa PCR Bangun Website Info Publik untuk Pemrov Riau

Setelah diberhentikan KM jelatik tersebut dibawa menepi ke Pelabuhan Sungai Duku. Ikut diamankan nahkoda berinisial AR, mualim berinisial JL dan Kepala Kamar Mesin (KKM) YL.

Tidak hanya urusan kelebihan kapasitas menurut Danlanal Dumai, alat keselamatan KM ini juga tidak lengkap dan tidak sesuai standar seperti pelampung, sehingga jika dipaksakan berlayar akan sangat membahayakan penumpang.

Akibatnya, sementara ini KM Jelatik 8 dihentikan operasinya. sedangkan nahkoda, mualim dan KKM akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Seperti diketahui, belakangan ini kecelakaan angkutan laut sungai danau dan penyeberangan telah terjadi. Sehingga ini juga menjadi perhatian serius supaya hal serupa tidak kembali terjadi. (*)

 

Penulis: Aan Ramdani
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help