Robot Sortir Buah Kelapa Sawit UR Pertama di Indonesia, Ini Kehebatannya

Robot tersebut bisa menyortir mana buah yang sudah matang ke tempat Sortiran yang ditetapkan dan mana yang masih mentah

Robot Sortir Buah Kelapa Sawit UR Pertama di Indonesia, Ini Kehebatannya
Tribun Pekanbaru/Nasuha Nasution
Robot bisa menyortir mana buah yang sudah matang ke tempat Sortiran yang ditetapkan dan mana yang masih mentah otomatis dipisahkan dari yang matang. 

Laporan wartawan Tribunpekanbaru.com, Nasuha nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-  Untuk masa yang akan datang robot menjadi alternatif dalam memudahkan kerja manusia. Saat ini banyak karya inovasi teknologi yang bersifat meringankan kerja manusia.

Bahkan berbagai sektor juga sudah banyak yang dikendalikan robot, hingga asisten rumah tangga pun sudah ada yang kerjakan robot untuk negara maju.

Baca: Dipimpin Sutan Harharah, Peserta Kursus Pelatih C AFC Analisis Laga PSPS Vs Persis Solo

Perkembangan teknologi ini juga ternyata tidak kalah dengan hasil karya dosen dan Mahasiswa gabungan di Universitas Riau. Sebuah robot yang berfungsi melakukan sortir dan grading buah kelapa sawit resmi dibuat UR.

Proyek Dosen gabungan ini ternyata merupakan karya perdana di tanah air untuk memudahkan penyortiran buah kelapa sawit matang dan berkualitas.

Baca: Almarhum Tenas Effendi Akan Terima Gelar Kehormatan dari Presiden

Robot tersebut bisa menyortir mana buah yang sudah matang ke tempat Sortiran yang ditetapkan dan mana yang masih mentah otomatis dipisahkan dari yang matang.

Kemudian dari alat ini juga dipisahkan mana buah kelapa sawit yang berkualitas tinggi dengan minyak yang bagus dan mana buah kelapa sawit yang tidak berkualitas. Juga otomatis dipisahkan.

Dengan menggunakan sistem komputer, alat bekerja secara otomatis dimana dengan menggunakan kamera dan laser langsung dideteksi melalui sistem yang sudah dibuat.

Baca: Jadwal Sepak Bola Grup A Asian Game 2018, Live Timnas U-23 Indonesia Vs Taiwan di SCTV

Dari hasil kamera gambar dan laser tersebut maka langsung bisa disortir dan memisah sendiri.

Selama ini banyak masyarakat dan pabrik kelapa sawit biasanya hanya melakukan pemeriksaan secara manual untuk mengetahui buah tersebut apakah sudah matang atau mentah.

Halaman
12
Penulis: Nasyuha
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help