Dumai

Dalam Dua Pekan, Lanal Dumai Gagalkan Empat Aksi Penyelundupan

Tim Patroli Lanal Dumai dalam dua pekan berhasil menggagalkan empat aksi penyelundupan.

Dalam Dua Pekan, Lanal Dumai Gagalkan Empat Aksi Penyelundupan
Tribun Pekanbaru/Fernando Sikumbang
Seorang personel Lanal Dumai mengawal tumpukan dus yang berisi minuman alkohol ilegal, Senin (13/8/2018). Minuman ini hasil tangkapan personel Lanal Dumai di Perairan Tembilahan. 

Laporan Wartawan Tribundumai.com, Fernando Sikumbang

TRIBUNDUMAI.COM, DUMAI - Aktivitas penyelundupan di Perairan Riau kini makin masif. Tim Patroli Lanal Dumai dalam dua pekan berhasil menggagalkan empat aksi penyelundupan.

Mereka melakukan serangkaian penangkapan dari akhir Juli 2018 hingga Agustus 2018.

Data dari Lanal Dumai, Tim Anggota Pos AL bersama Kodim 0302/Inhu mengamankan sebuah truk bermuatan ratusan dus minuman alkohol ilegal pada 28 Juli 2018.

Mereka menyita 456 dus minuman alkohol ilegal di daerah Kempas Jaya, Kabupaten Indragiri Hilir.

Baca: Jelang Idul Adha 2018 - Jika Belum Akikah, Bolehkan Melaksanakan Ibadah Kurban?

Tim patroli Lanal Dumai kembali menggagalkan penyelundupan 800 kg Kepiting Petelur pada 1 Agustus 2018. Petugas menggagalkan penyelundupan kepiting ke Malaysia. Penangkapan berlanjut pada 4 Agustus 2018.

Mereka menangkap kapal bermuatan 20 ton produk tekstil ilegal di perairan Pulau Cawan. Penangkapan juga berlanjut pada 9 Agustus 2018 di Sungai Enok Dalam yang bermuatan ratusan kardus minuman alkohol.

Baca: Aditiya Firdika Anggota Paskibraka Nasional 2018 dari Riau, Wujudkan Mimpi Sang Ibu

Serangkaian aksi penyelundupan ini menyebabkan kerugian negara hingga Rp 4,5 miliar. Kerugian terbesar dari aktivitas penyelundupan minuman alkohol ilegal. Aktivitas ini merugikan negara sekitar Rp 3,64 miliar.

"Jadi aktivitas ini sudah merugikan negara. Maka kami berupaya agar tidak ada lagi aksi penyelundupan," ujar Danlanal Dumai, Kolonel Laut (e) Yose Aldino kepada Tribun, Senin (13/8/2018). (*)

Penulis: Fernando
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help