Pekanbaru

Job Fair Lanjut di Kampus Unilak dan UIR, Pelamar Capai 1.146 Orang

Pameran lowongan kerja atau Job Fair yang difasilitasi oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru mendapat sambungan antusias

Job Fair Lanjut di Kampus Unilak dan UIR, Pelamar Capai 1.146 Orang
Tribun Pekanbaru/Syaiful Misgiono
Berharap segera Dapat Pekerjaan, Ratih Masukkan Lima Lamaran di Pekanbaru Job Fair 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU -Pameran lowongan kerja atau Job Fair yang difasilitasi oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru mendapat sambungan antusias  dari para pencari kerja di Pekanbaru.

Dari dua lokasi yang pelaksanaan Job Fair, yakni di Kampus Poltekes dan Kampus Universitas Riau, pihak panitia mencatat setidaknya ada 1.146 berkas lamaran yang dimasukkan oleh para pencari kerja.

Dari data tersebut sebagian besar pelamar adalah lulusan sarjana strata 1 sebanyak 597 pelamar, kemudian DIII sebanyak 435, sisanya adalah lulusan SLTA, dan S2.

Baca: BPBD Dumai Siagakan Tenda Bagi Korban Banjir Bumi Ayu dan Bukit Datuk

Kepala Bidanng Penempatan Kerja Disnaker Kota Pekanbaru, Abdul Rahim saat dikofirmasi Tribun, Minggu (14/10/2018) mengungkapkan, kegiatan ini masih berlanjut hingga 18 oktober mendatang. Terkahir kegiatan ini akan ditutup di Kampus Universitas Islam Riau (UIR).

"Senin besok lanjut di Kampus Unilak sampai tanggal 16 oktober. Dan terakhir di kampus UIR tanggal 17 sampai 18 oktober," katanya.

Sebelumnya, job fair sudah lebih duluan dilaksanakan di Poltekes berlangsung selama dua hari, tanggal 8 hingga 9 Oktober. Selain di Poltekes Riau di Jalan Melur, Job Fair juga telah sukses digelar kampus Unri tanggal 10 sampai tanggal 11 oktober kemarin.

Rahim menambahkan, ribuan lowongan pekerjaan (Loker) tersedia pada pameran Job Fair tersebut. Para Pencari kerja (Pencaker) dipersilahkan untuk datang melamar loker yang sesuai dengan yang diharapkan. Para Pencaker tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Kegiatan pameran telah dibiaya pemerintah melalui APBN.

"Kegiatan ini mendapatkan suport pendanaan dari APBN," katanya.

Baca: Banjir Hampir Satu Meter di Kelurahan Bumi Ayu, Roni Pilih Mengungsi ke Rumah Orangtua

Melalui ajang Job Fair yang digelar diempat lokasi ini, setidak tersedia sebanyak 1.093 lowongan pekerjaan. Sehingga pencari kerja diharapkan bisa memanfaatkan momen ini untuk memasukkan lamaran sebanyak-banyaknya sesuai bidang yang ingin digelutinya.

"Jumlah lowongan yang tersedia untuk 4 lokasi ini berjumlah 1.093. Target awal ya 1.000 loker. Dengan data rincinya di Poltekes 411 lowongan. UNRI 273 lowongan. Unilak 225 ratus lowongan dan uir adalah 1.084 lowongan," ujarnya.

Kegiatan job fair ini dilaksanakan untuk mengurangi angka penggangguran di Pekanbaru yang masih tinggi. Berdasarkan data di Disnaker Kota Pekanbaru, angka pengangguran di Kota Pekanbaru mencapai 45 ribu orang.

"Kita sudah melakukan upaya untuk mengurangi angka pengangguran di Pekanbaru. Baik melalui jalur penempatan kerja di sektor formal seperti job fair. Kita juga melakukan perluasan dan pengembangan kesempatan kerja. Ini kita lakukan untuk mengarahkan para pencari kerja untuk berwira usaha," katanya. (*)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved