Indragiri Hilir

Peserta Lulus CAT SKD CPNS 2018 di Inhil Riau Tak Capai 1 Persen

Di Inhil jumlah total peserta yang lulus CAT SKD hanya 52 orang dari 5382 peserta ujian CAT SKD yang hadir, sementara formasi yang tersedia 342.

Peserta Lulus CAT SKD CPNS 2018 di Inhil Riau Tak Capai 1 Persen
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Sejumlah peserta tes Computer Assisted Test (CAT) CPNS 2018 untuk posisi bidan di wilayah Pemerintahan Kota Pekanbaru mengikuti berbagai tahapan sebelum dimulainya ujian di Kantor Regional XII BKN Jalan Hangtuah Ujung, Senin (5/11/2018). (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY). 

Laporan Wartawan Tribuntembilahan.com,  T. Muhammad Fadhli

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, TEMBILAHAN – Menanggapi opsi penurunan passing grade dan perangkingan jumlah nilai total TKW, TIU dan TKP yang dikaji oleh Kemenpan RB menyikapi minimnya peserta seleksi CPNS 2018 yang lulus, Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) berharap keputusan tetap berada di tangan Pemerintah Pusat.

Apapun opsi yang nantinya akan di jalankan oleh Kemenpan RB atau BKN, BKPSDM Inhil tetap berharap daerah hanya sebatas melaksanakan keputusan.

Menurut Kepala BKPSDM Inhil H. Fauzar, SE, MP, jika opsi perangkingan tes karakteristik pribadi (TKP), tes wawasan kebangsaan (TWK) dan tes intelegensia umum (TIU) diserahkan ke daerah akan menjadi rentan.

“Babak belur daerah. bukan apa, stigma negatif orang pasti muncul. Gitu sajalah, jangan keputusan ada di daerah masing – masing, ribut nanti, apapun itu opsinya daerah tinggal melaksanakan,” ujarnya, Selasa (13/11/2018).

Perihal opsi penurunan passing grade, BKPSDM menilai harus ada perbedaan perlakuan bagi peserta yang memenuhi passing grade SKD.

Baca: Banyak yang Tak Lolos Tes CAT SKD CPNS 2018, Kepala BKN: Tidak akan Menurunkan Passing Grade

Baca: Ada Rencana Penurunan Passing Grade SKD CPNS 2018, Imam Berharap Bisa Lulus

Oleh karena itu, harus ada pertimbangan yang matang dari pemerintah pusat dan tidak hanya sekedar menurunkan passing grade saja.

“Memang agak repot kalau sempat passing grade diturunkan. Kasihankan kalau lulus SKD ternyata SKB nya diserempakkan dengan orang yang tidak lulus passing grade tapi memenuhi rangking,” imbuhnya.

Namun hingga saat ini Fauzar mengaku belum menerima intruksi atau statemen dari Kemenpan RB terkait wacana opsi tersebut.

Menurutnya lagi, rendahnya tingkat kelulusan ini harus menjadi perhatian pemerintah pusat agar formasi yang tersedia tidak kosong.

Halaman
12
Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Afrizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved