CPNS 2018

Kelulusan Tes CPNS di Riau Resmi Diumumkan, BKN Targetkan Maret Mulai Bertugas

BKN Kantor Regional XII Pekanbaru tidak memiliki data berapa total jumlah peserta tes CPNS di Riau yang dinyatakan lulus.

Kelulusan Tes CPNS di Riau Resmi Diumumkan, BKN Targetkan Maret Mulai Bertugas
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
ILUSTRASI - BKN Regional XII Pekanbaru Cek Kesiapan Komputer untuk SKB Berbasis CAT CPNS 2018 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Syaiful Misgiono

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional XII Pekanbaru tidak memiliki data berapa total jumlah peserta tes CPNS di Riau yang dinyatakan lulus. Berikut berapa jumlah lowongan yang tidak terisi.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional XII Pekanbaru Andrayati, Senin (7/1/2019) mengatakan, data hasil kelulusan CPNS ada di kabupaten dan kota masing-masing.

"Kami baru bisa cek datanya nanti setelah pemberkasan. Kalau sekarang datanya ada di masing-masing kabupaten kota," kata Andrayati.

Baca: 302 Formasi CPNS 2018 Pemko Pekanbaru Sudah Diisi Peserta Lulus Tes, KLIK LINK Pengumuman Ini

Setelah resmi diumumkan, maka tahapan selanjutnya, peserta yang lulus tes CPNS diminta untuk melakukan pemberkasan bagi CPNS yang dinyatakan lulus selama 14 hari sebelum ditetapkan SK CPNS nya.

"Setelah diumumkan maka langsung pemberkasan," imbuhnya.

Namun pihaknya tidak bisa memastikan kapan peserta yang lulus tes CPNS ini akan mulai bekerja di formasi dan bidang yang dilamarnya. Pihaknya menargetan, Maret 2019 mendatang para peserta yang lulus CPNS sudah mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP) dan bisa langsung bekerja di daeranya masing-masing.

"Kita tidak bisa janjikan. Tapi paling lambat Maret mereka sudah ditempatkan bekerja," ujarnya.

Sementara saat disinggung terkait kapan para adanya sejumlah formasi yang tidak terisi karena tidak ada pelamarnya, pihaknya mengaku tidak memiliki kewenangan untuk memutuskan seperti apa teknis pengisianya.

"Itu kewenangan pusat, kalau memang tidak ada pelamar, mau gimana lagi, kan tidak bisa juga kita dipaksakan," sebutnya.

Baca: 8 Formasi CPNS 2018 Pelalawan Kosong, 2 Formasi Dokter Spesialis 

Selama proses pelaksanaan tes CPNS berlangsung, pihak BKN mengaku tidak mendapatkan adanya laporan terkait praktik percaloan kepada para pelamar yang mengikuti tes CPNS di Riau.

Meski demikian, pihaknya mengimbau kepada seluruh pelamar yang lulus agar tidak mudah percaya jika ada oknum yang meminta uang dengan dalih apapun. Sebab seluruh tahapan seleksi CPNS hingga ke tahap pemberkasan sampai ke penempatan kerja tidak ada pungutan biaya.

"Jangan percaya kepada oknum yang mengatasnamaka siapapun, untuk meminta uang kepada peserta yang lulus. Kalau ada, kita pastikan itu penipuan," pungkasnya. (*)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved