Berita Riau

VIDEO: Hampir Rampung, Begini Progres Pembangunan Jembatan Siak IV Terkini di Pekanbaru

Jika selesai, jembatan yang berada di jantung Kota Pekanbaru, yang menghubungkan Jalan Sudirman dengan Kecamatan Rumbai Pesisir ini akan menjadi ikon

Laporan videografer tribunpekanbaru.com,Aan Ramdani

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU - Pembangunan Jembatan Siak IV masih terus digesa oleh pihak kontraktor pengerjaanya, Selasa (8/1/2019).

Diperkirakan jembatan tersebut akan rampung pada bulan Januari ini karena pengerjaan pada bentang utama jembatan itu satu lagi.

Jika selesai, jembatan yang berada di jantung Kota Pekanbaru, yang menghubungkan Jalan Sudirman dengan Kecamatan Rumbai Pesisir ini akan menjadi ikon baru Kota Pekanbaru dan akan menjadi jalur lalulintas yang bakal ramai dilalui masyarakat. 

Baca: VIDEO: Gakkum LHK Riau Amankan Satu Truk Pembawa Kayu Ilegal dari Desa Mentulik Kampar

Baca: Terkuak Jasad Suami yang Disembunyikan di Ranjang, 1 Tahun Perempuan ini Tidur di Tempat yang Sama

Kehadiran jembatan ini memang sudah ditunggu-tunggu sejak lama. "Kalau sudah selesai pasti rame nanti nih bang," kata Yadi, warga Kecamatan Rumbai Pesisir.

Lebih lanjut dipaparkan Yadi, sejak dilakukan pembangunan jembatan tersebut harga tanah yang berada tak jauh dari lokasi jembatan menjadi naik beberapa kali lipat.

"Lumayan juga itu kalau warga yang punya tanah sekitar sini (jembatan) jadi mahal tanahnya," kata Pria asal Majalengka Provinsi Jawa Barat ini.

Selesai 20 Januari 2018

Pengerjaan ikon baru masyarakat kota Pekanbaru ini diperkirakan bakal rampung 20 Januari 2018. Demikian diharapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau, Dadang Eko Purwanto.

Menurut Dadang, secara teknis saat ini sedang dilakukan pengerjaan bentang utama atau main span satu pada jembatan. Artinya bagian jembatan akan segera terhubung.

Baca: Harga 5 Seri Vivo Ini Dibanderol Miring di Pekanbaru, Gratis Aksesoris

Baca: Untung Rugi Belanja Online

"Mudah-mudahan saja tanggal 20 ini sudah closing," kata Dadang.

Seperti diberitakan sebelumnya, secara teknis ada 16 bentang utama atau main span untuk pembangunan jembatan yang menghabiskan anggaran ratusan miliar ini.

Jika telah selesai progres pembangunan, tahap selanjutnya yang akan dilakukan adalah loading test yang rencananya akan dilakukan pertengahan Februari 2018 yang akan dipandu Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

Jika berdasarkan loading test jembatan tersebut memenuhi semua unsur yang ditetapkan dan dinyatakan aman, maka baru bisa dibuka untuk masyarakat. (*)

Penulis: Aan Ramdani
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved