Sehari, 21 Pemohon Urus Paspor di Hari Libur di Imigrasi Bengkalis

Warga paling ramai pada Hari Sabtu untuk mengajukan pembuatan paspor, dengan jam pelayanan sampai pukul 12.00 WIB.

Sehari, 21 Pemohon Urus Paspor di Hari Libur di Imigrasi Bengkalis
Tribun Pekanbaru/Muhammad Natsir
Pelayanan Paspor di kantor Imigrasi Bengkalis di hari kerja beberapa waktu lalu. 

TRIBUNBENGKALIS.COM, BENGKALIS-Dalam sehari, bisa puluhan orang mengurus paspor dalam program layanan paspor simpatik di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis.

Kepala Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis, Toto Suryanto, Minggu (20/1) mengatakan, pelayanan paspor simpatik sejak pekan lalu.

"Menjelang peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke 69 pada 26 Januari 2019, memang kita luncurkan program pelayanan paspor simpatik. Pembuatan paspor dibuka pada hari libur yakni hari Sabtu selama dua pekan sejak pekan lalu," urai Toto.

Warga paling ramai pada Hari Sabtu untuk mengajukan pembuatan paspor, dengan jam pelayanan sampai pukul 12.00 WIB.

"Pekan lalu saja ada 16 pemohon yang datang untuk membuat paspor di Hari Sabtu. Jumlah ini hampir sama banyaknya dengan pemohon di hari kerja biasa," ungkap Toto.

Sementara itu, pada Sabtu (19/1), ada 21 pemohon.

Toto mengatakan, jika pelayanan paspor Simpatik ini dinilai efektif, ada kemungkinanan kegiatan ini berkelanjutan setelah peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke 69 tahun ini.

"Kalau ini kira-kira dinilai efektif oleh pusat, ada kemungkinan program ini berkelanjutan, tapi tidak bisa kita inisiatif sendiri tunggu instruksi dari pusat," jelasnya.

Menurut Toto, pelayanan pembuatan paspor di Hari Sabtu penting guna mengurai antrean panjang pada hari kerja Senin-Jumat.

"Seperti di Jakarta, antrean online pembuatan paspornya saja sudah sampai beberapa bulan. Kalau Sabtu buka tentu bisa mengurai lamanya antrean pembuatan paspor," ucap Toto. (*)

Penulis: Muhammad Natsir
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved