Indragiri Hilir

Gedung SAR Tembilahan Akan Dibangun Kawasan Parit 3 Tembilahan Hulu

Keberadaan Pos SAR menjadi urgensi untuk reaksi cepat dan mengoptimalkan kinerja instansi di bawah naungan Pemerintah Kabupaten Inhil

Gedung SAR Tembilahan Akan Dibangun Kawasan Parit 3 Tembilahan Hulu
Istimewa
Bupati Inhil HM Wardan membahas persiapan rencana pembangunan Gedung SAR Tembilahan bersama Kepala Kantor SAR Pekanbaru, Gede Darmada dan rombongan. 

Laporan Wartawan Tribuntembilahan.com : T. Muhammad Fadhli.

TRIBUNTEMBILAHAN.COM, TEMBILAHAN – Kondisi geografis dan hidrologis Kabupaten Inhil tidak hanya menyulitkan akses menuju titik lokasi bencana, tapi juga menambah potensi terjadinya bencana seperti tanah longsor serta banjir yang sempat terjadi beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, keberadaan Pos SAR menjadi urgensi untuk reaksi cepat dan mengoptimalkan kinerja instansi di bawah naungan Pemerintah Kabupaten Inhil, seperti BPBD untuk persoalan penanganan bencana.

“Dari beberapa fakta yang ada, bencana yang berpotensi terjadi sangat beragam jenis dan skala. Perlu fokus dan kerja ekstra terkait penanganannya, seperti adanya Pos SAR,” ujar Bupati Inhil HM Wardan dalam rapat koordinasi persiapan pembangunan Pos SAR Tembilahan bersama Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru (Basarnas), Gede Darmada beserta staf PPK dan Perencanaan di kediaman dinas Bupati Inhil dalam rangka kunjungan kerja, Kamis (24/1/2019) pagi.

Baca: Dilarang Berhenti dan Foto di Atas Jembatan Siak IV, Dishub Riau akan Pasang Rambu-rambunya

Dalam rapat koordinasi tersebut, gedung SAR Tembilahan direncanakan akan dibangun di Parit 3 kawasan Kecamatan Tembilahan Hulu.

“Ini adalah kabar gembira. Pembangunan Pos SAR menjadi penting mengingat tingginya tingkat kerawanan di beberapa wilayah Kabupaten Inhil, baik secara Geografis, Geologis maupun Hidrologis," jelas Bupati.

Bupati kembali menegaskan harapannya agar pembangunan Pos SAR Tembilahan nantinya dapat meng-cover bencana atau musibah yang terjadi di Kabupaten Inhil.

Kepala Kantor SAR Pekanbaru, Gede Darmada mengungkapkan bahwa Posko SAR Tembilahan sebenarnya sudah ada sejak tahun 2015 silam.

Namun, status Posko SAR tersebut belum permanen alias masih sewa.

“Dalam 3 tahun belakangan ini, Posko SAR telah ada di Inhil, namun baru menjadi Pos SAR sejak 1 tahun lalu, tepatnya pada tahun 2017 hingga sekarang,” ujarnya.

Dalam rapat koordinasi yang dibalut dalam jamuan makan tersebut, Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan turut didampingi Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, Nurahman serta Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, RM Sudinoto.

Baca: Jasad Pria dan Wanita Tanpa Busana Ditemukan di Pesisir Pantai, Diperkirakan Sudah Seminggu

Kedatangan Kepala Kantor SAR Pekanbaru ke Kabupaten Inhil ini juga merupakan kali kedua setelah sebelumnya sempat bertemu dengan Plt Asisten 3 bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil.

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved