Indragiri Hulu

Protes Jalan Rusak, Masyarakat Adat Cenaku Kecil Tahan Mobil Angkutan CPO PT Tasma Puja

Masyarakat adat Cenaku Kecil menahan mobil-mobil angkutan CPO milik PT Tasma Puja pada Sabtu (30/3/2019) lalu.

Protes Jalan Rusak, Masyarakat Adat Cenaku Kecil Tahan Mobil Angkutan CPO PT Tasma Puja
istimewa
Mobil angkutan CPO milik PT Tasma Puja yang ditahan oleh masyarakat Adat Cenaku Kecil, Kecamatan Batang Cenaku, Sabtu (30/3/2019) lalu. 

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Masyarakat adat Cenaku Kecil menahan mobil-mobil angkutan CPO milik PT Tasma Puja pada Sabtu (30/3/2019) lalu.

Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Inhu, Gilung menyebutkan penahanan itu dilakukan oleh Batin atau ketua adat Cenaku Kecil, Syahdan bersama tokoh adat Cenaku Kecil lainnya.

"Penahanan mobil tangki CPO dikarenakan mobil tersebut mengakibatkan rusaknya akses jalan yang menghubungkan beberapa desa, seperti Desa Anak Talang dan Desa Kepayang Sari," kata Gilung.

Kerusakan jalan yang parah membuat jalan tersebut sulit untuk dilalui. Mereka mengatakan, jalan yang rusak membuat siswa kesulitan ke sekolah. Memang kondisi jalan di Desa Cenaku Kecil saat ini masih berupa jalan tanah.

Camat Batang Cenaku, Sarman Arlos yang dikonfirmasi wartawan membenarkan kejadian itu. Menurutnya ada sembilan truck yang disandera warga. Namun, setelah ada kesepakatan dengan pihak PT Tasma Puja, truk tersebut dilepaskan kembali.

Terpisah, Humas PT Tasma Puja, Dian Saputra memberikan keterangannya terhadap wartawan atas kejadian tersebut.

"Sebenarnya kami rutin memperbaiki jalan, namun karena belakangan ini musim hujan jalan belum bisa perbaiki. Saat ini kami sedang bekerja menimbun beberapa titik jalan yang rusak," sebutnya.

Memang dalam kesepakatan itu, pihak perusahaan harus melakukan perbaikan setelah mobil-mobil angkutan CPO tersebut dilepaskan.

Selain itu ada tiga kesepakatan lain antara masyarakat dan PT Tasma Puja yang harus dilaksanakan, yakni PT Tasma Puja harus membuatkan satu sumur bor untuk setiap empat rumah.

Kedua PT Tasma Puja harus menjelaskan soal bantuan CSR. Selain itu PT Tasma Puja juga memberikan bantuan bagi warga kurang mampu serta anak yatim dan piatu.

Perjanjian ini telah disepakati dan ditandatangani bersama pihak perusahan, batin adat, kades serta diketahui oleh Camat Batang Cenaku. (Tribunpekanbaru.com/bynton simanungkalit)

Penulis: Bynton Simanungkalit
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved