Indragiri Hilir

Haul Mufti Kerajaan Indragiri Syekh Abdurrahman Siddiq Al Banjari, Dikenal sebagai Tuan Guru Sapat

Haul Mufti Kerajaan Indragiri Syekh Abdurrahman Siddiq Al Banjari ke-82 berlangsung, beliau dikenal dengan julukan Tuan Guru Sapat

Haul Mufti Kerajaan Indragiri Syekh Abdurrahman Siddiq Al Banjari, Dikenal sebagai Tuan Guru Sapat
Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri
Haul Mufti Kerajaan Indragiri Syekh Abdurrahman Siddiq Al Banjari, Dikenal sebagai Tuan Guru Sapat 

Haul Mufti Kerajaan Indragiri Syekh Abdurrahman Siddiq Al Banjari ke-82, Dikenal dengan Julukan Tuan Guru Sapat

TRIBUNPEKANBARU.COM, INDRAGIRIHILIR - Haul Mufti Kerajaan Indragiri Syekh Abdurrahman Siddiq Al Banjari ke-82 berlangsung, beliau dikenal dengan julukan Tuan Guru Sapat.

Peringatan Haul Syekh Abdurrahman Siddiq Bin Muhammad Afif Al Banjari kembali digelar di area Masjid Al Hidayah Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuindra, Kabupaten Inhil pada Rabu (10/4/2019).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, haul ke-82 ini selalu menjadi magnet bagi masyarakat dari berbagai penjuru negeri dan tidak hanya dari Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Baca: Aksi Perampokan dengan Modus PECAH KACA MOBIL di Kota Dumai Riau, Uang Korban Rp 52 Juta Lenyap

Baca: VIDEO VIRAL Nasehat Ustadz Abdul Somad untuk PRABOWO Bikin Baper, Ditonton NETIZEN 1.4 Juta Kali

Baca: VIDEO Ustadz Abdul Somad Bertemu PRABOWO Jelang Pilpres 2019, Di Telinga Saya Dia Berbisik Prabowo

Ribuan masyarakat memadati area Masjid Al-Hidayah untuk menghadiri Peringatan Haul Syekh Abdurrahman Siddiq Bin Muhammad Afif al Banjari ke-82 yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh Pemerintah Kabupaten Inhil ini.

Peringatan Haul ini pun turut dihadiri Bupati Inhil, HM Wardan, Wakil Gubernur Riau H Edy Natar Nasution, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi, Wakil Bupati Inhil, H Syamsuddin Uti, Asisten 3 Sekda provinsi Kalimantan Selatan serta undangan, baik dari Provinsi Riau maupun dari Provinsi Kepri dan Jambi.

Perwakilan Kerukunan Syekh Abdurrahman Siddiq (KKSA), Al habib Yahya Bin Al Habib Thohir Assegaf mengisahkan, sekitar 27 tahun Syekh yang akrab dengan nama Tuan Guru Sapat ini mengabdikan diri mengajari umat ilmu keagamaan secara ikhlas tanpa pamrih.

Wakil Gubernur Riau dan Bupati Indragiri Hilir hadiri Haul Mufti Kerajaan Indragiri Syekh Abdurrahman Siddiq Al Banjari, Dikenal sebagai Tuan Guru Sapat
Wakil Gubernur Riau dan Bupati Indragiri Hilir hadiri Haul Mufti Kerajaan Indragiri Syekh Abdurrahman Siddiq Al Banjari, Dikenal sebagai Tuan Guru Sapat (Tribun Pekanbaru/Istimewa/Humas)

“Tuan Guru Sapat tidak pernah menerima gaji sebagai Mufti Kerajaan Indragiri,” terangnya.

Lebih lanjut Al Habib Yahya mengatakan, keluasan ilmu dan pergaulan Tuan Guru Sapat membuatnya memiliki banyak murid yang sudah tersebar di pelosok Indonesia bahkan di luar negeri antara lain, Malaysia, Singapura dan Thailand.

Baca: VIDEO Nasehat Ustadz Abdul Somad untuk Capres 02 PRABOWO Bikin Baper, Ditonton NETIZEN 1.4 Juta Kali

Baca: VIDEO Ustadz Abdul Somad Uraikan Pesan Ulama ke PRABOWO, UAS: Plong, Malam Ini Saya Bisa Tidur Lelap

Baca: TERUNGKAP Alasan Ustadz Abdul Somad DUKUNG PRABOWO, Ada Ulama yang Bisikan Nama PRAB0W0 kepada UAS

“Setiap umat muslim mengingat perjuangan para pewaris nabi dengan cara bersyukur dan menyebut nikmat Allah SWT,” imbuhnya.

Hal senada dikatakan oleh Bupati Inhil HM Wardan yang turut hadir dalam haul Tuan Guru Sapat tersebut.

Bupati Wardan menilai sosok Syekh Abdurrahman Siddiq merupakan ulama cerdas yang banyak melahirkan tulisan mengenai ilmu agama Islam dan menjadi rujukan umat, bukan hanya di Indonesia, tetapi sampai ke luar negeri seperti Malayasia, Singapura dan Thailand.

Haul Mufti Kerajaan Indragiri Syekh Abdurrahman Siddiq Al Banjari, Dikenal sebagai Tuan Guru Sapat
Haul Mufti Kerajaan Indragiri Syekh Abdurrahman Siddiq Al Banjari, Dikenal sebagai Tuan Guru Sapat (Tribun Pekanbaru/Ilustrasi/Nolpitos Hendri)

Oleh karena itu Bupati Wardan berharap momen haul ini jangan hanya sekedar menjadi ajang berkumpul saja, tetapi harus menjadi momentum meneladani keteladanan Tuan Guru Sapat, mempererat silaturrahmi dan memperkuat keimanan.

“Peringatan haul dapat dijadikan momentum untuk meneladani sosok Tuan Guru Sapat. Selain itu, peringatan ini juga mesti dijadikan momen mempererat tali silaturrahmi antar sesama muslim serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita semua," pungkas Bupati. (Tribunpekanbaru.com/T Muhammad Fadli)

Penulis: T. Muhammad Fadhli
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved