Pemilu 2019

VIDEO: Tempuh 10 Jam Perjalanan, KPU Pelalawan Riau Kirim 300 Kotak Logistik ke Kuala Kampar

Ada empat truk yang digunakan untuk mengangkat logistik Pemilihan Umum (Pemilu) yang jatuh pada 17 April mendatang. Sebanyak 300 kotak ditambah

TRIBUNPELALAWAN.COM, PANGKALAN KERINCI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pelalawan mengirimkan logistik ke Kecamatan Kuala Kampar, Sabtu (13/4/2019), sebanyak 300 kotak untuk seluruh desa yang ada di wilayah pesisir Pelalawan tersebut.

Pantauan tribunpelalawan.com di kantor KPU Pelalawan, tampak dua pekerja mengangkat kotak berisi logistik ke mobil truk coltdiesel yang diparkir membelakangi pintu kantor.

Satu persatu kotak berbahar kardus itu dimuat ke bak truk dan disusun dengan rapi hingga penuh. Setelah dirasa cukup, selanjutnya pekerja menutup bak truk menggunakan terpal tebal untuk menghindari hujan dan hal-hal lain yang mengganggu serta merusak logistik.

Ada empat truk yang digunakan untuk mengangkat logistik Pemilihan Umum (Pemilu) yang jatuh pada 17 April mendatang.

Sebanyak 300 kotak ditambah 13 kotak berisi logistik untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang digunakan saat pleno di tingkat kecamatan.

"Di Kecamatan Kuala Kampar ada 60 Tempat Pemungutan Suara (TPS) tersebar dibeberapa desa," beber Ketua KPU Pelalawan, Wan Kardi Wandi, kepada tribunpelalawan.com, Sabtu (13/4/2019).

Baca: Banyak APK Pemilu 2019 Masih Terpasang di Masa Tenang, Tim Gabungan di Pekanbaru Lakukan Penertiban

Baca: Tidak Terdaftar di DPT Hanya Miliki KTP Elektronik dan Suket, Perhatikan Ini Saat Pencoblosan

Baca: Dukung Pelaksanan Pemilu, Disdukcapil Pelalawan Riau Buka Pelayanan Sabtu dan Minggu

Baca: Material Jembatan Siak IV Pekanbaru Banyak Hilang, Dinas PUPR Laporkan ke KKJTJ, Ini Rekomendasinya

Dijelaskannya, satu TPS dikirimkan lima kotak logistik diantaranya untuk pemilihan DPRD kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI, dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Setelah tiba di pulau Penyalai, petugas PPK dan PPS akan mengambil bagian dan tugas masing-masing untu melanjutkan pendistribusian ke lokasi pemungutan suara.

Pengiriman logistik paling sedikit memakan waktu 10 jam perjalanan baik darat maupun transportasi air.

Pertama empat kendaraan yang dimuat di kantor KPU akan menempuh perjalanan darat ke Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti kurang lebih selama enam jam lamanya.

Setibanya di dermaga kapal, logistik akan dimuat ulang ke kapal pengakut carteran.

Selanjutnya logistik dibawa berlayar menyusuri Sungai Kampar dan wilayah perairan lainnya menuju Kecamatan Kuala Kampar.

Setibanya di Penyalai, nama lain Kuala Kampar, PPK dan PPS melanjutkan pengiriman logistik pemilu serentak hingga ke desa-desa terpencil.

Tentu akan memakan waktu selama berjam-jam dan memakai alat transportasi air.

"Hari ini kita cuman fokus logistik Kuala Kampar saja, karena itu daerah paling jauh. Besok dilanjutkan dengan Kecamatan Teluk Meranti," tandasnya. (Tribunpelalawan.com/ Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved