Berita Riau

Tidak Terdaftar di DPT Hanya Miliki KTP Elektronik dan Suket, Perhatikan Ini Saat Pencoblosan

Pemilih yang hanya memiliki KTP Elektronik dan Suket baru boleh mendatangi TPS untuk memberikan hak suaranya diatas pukul 12.00 WIB

Tidak Terdaftar di DPT Hanya Miliki KTP Elektronik dan Suket, Perhatikan Ini Saat Pencoblosan
Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir
Warga melintas di depan mural tentang pemilu 2019 di Jalan A Yani, Pekanbaru, Selasa (26/3/2019). Mural tersebut mengangkat tema mengajak warga untuk mensukseskan pemilu pada 17 April 2019 dengan berpartisipasi untuk menggunakan hak pilihnya. (Tribunpekanbaru.com/Doddy Vladimir). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Tidak semua masyarakat masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), namun masih bisa ikut mencoblos saat hari H pemilu 9019. 

Cukup membawa KTP elektronik dan Surat keterangan (Suket) pengganti KTP.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Komisioner KPU Riau Divisi Tekhnis Joni Suhaidi menjelaskan pemilih dengan hanya memiliki KTP Elektronik dan Suket baru boleh mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memberikan hak suaranya diatas pukul 12.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

"Mereka masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) boleh mencoblos di TPS sesuai dengan alamat di KTP Elektronik mereka, di TPS lain tidak bisa, kecuali ada arahan lain dari petugas TPS disana, "ujar Joni Suhaidi kepada Tribunpekanbaru.com.

Baca: Viral Video Ahok Protes Saat Mau Nyoblos di TPS Osaka Jepang, Ini Penjelasan BTP

Baca: 250 TPS di Kuala Lumpur Dipangkas jadi 3, Akibatnya Banyak WNI yang Kecewa dan Tidak Mencoblos

Baca: Warga Kembali Urus Pindah Memilih di Kantor KPU Pekanbaru Pasca Putusan MK

Lima bentuk surat suara pemilu 2019
Lima bentuk surat suara pemilu 2019 (KPU)

KPU juga menganjurkan kepada pemilih yang hanya menggunakan KTP Elektronik dan Suket itu untuk melapor sebelum hari pencoblosan kepada petugas Kelompok Panitia Pemungutan suara atau KPPS agar disediakan surat suara.

"Sebaiknya lapor, agar ketika surat suara Cadangan kurang di TPS itu bisa diarahkan ke TPS lain, namun tidak melapor juga tidak masalah, datang pada saat hari pencoblosan saja, "ujar Joni Suhaidi.

Sebagaimana diketahui untuk kota Pekanbaru sendiri ada 514.213 DPT. Dimana ada tambahan 6 ribuan DPK yang dimasukkan.

"Untuk DPK di Kota Pekanbaru jumlahnya 6 ribuan jadi untuk DPTHP tahap 3 total semuanya 514.213, "ujar Ketua KPU Kota Pekanbaru Anton Marciyanto kepada Tribunpekanbaru.com.

Menurut Anton Marciyanto Daftar Pemilih Khusus ini merupakan pemilih yang nantinya bisa menyampaikan hak suaranya ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) setelah pukul 12.00 WIB.

Halaman
12
Penulis: Nasuha Nasution
Editor: Sesri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved