Tahanan Rutan Siak Rusuh

VIDEO: Pengakuan Narapidana di Dalam Rutan Siak Kerap Ditangani Hingga Diperas Oknum Petugas Lapas

Pengakuan narapidana di Rutan Klas II B Siak Sri Indrapura, Riau cukup mengejutkan. Mereka mengaku kerap mendapat perlakuan

TRIBUNSIAK.COM - Pengakuan narapidana di Rutan Klas II B Siak Sri Indrapura, Riau cukup mengejutkan. Mereka mengaku kerap mendapat perlakuan kasar yang tidak manusia.

Tribunsiak.com berhasil mewawancarai narapidana pasca-kerusuhan, Sabtu (11/5/2019). Daim bersama narapidana lainnya terang-terangan mengatakan, kerusuhan dipicu karena rekan mereka dipukuli di pos 3 depan ruangan mapenaling sebelum kerusuhan. Akibat hal tersebut mereka mengamuk.

"Tiga orang rekan kami ditelanjangi dan dipukuli di pos 3 Pak," ujar mereka. 

Tidak hanya itu, Daim dan rekan-rekannya juga acap diperas. Ia menceritakan pengalamannya saat pertama masuk ke Rutan Siak. Untuk pindah ruangan dari ruangan Mapenaling ke kamar tahanan, ia harus menyetor Rp 800 ribu. 

Baca: Diduga Pemukulan Oknum Petugas Rutan

Baca: Pasca Kerusuhan Dini Hari, Siang Sabtu 81 Warga Binaan Lapas Siak Tiba di Lapas Bangkinang Riau

Jadi Pemicu Kerusuhan, Ini Tanggapan Kemenkumham Riau

Baca: UPDATE 14 Orang Napi dan Tahanan Rutan Siak Belum Ditemukan, Data Diri Sulit Karena File Terbakar

"Kalau dibezuk keluarga juga dimintai uang rokok," kata dia.

Ia juga tidak bisa memastikan siapa yang melakukan pungli -pungli tersebut. Sebab banyak juga narapidana lainnya yang mengatasnamakan petugas.

Mereka sebenarnya cukup memuji Kepala Rutan Kelas II B Siak Gatot Suariyoko. Karena Gatot dinilai baik dan sering mengarahkan narapidana untuk tatat beragama. Namun ada 3 bawahan Gatot yang disebut narapidana ini yang kasar. (Tribunsiak.com/mayonal putra)

Editor: David Tobing
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved