Ramadhan 1440 H

Kisah Perawat ICU Selama Ramadhan, Berlari-lari Buka Puasa Hingga Hadapi Pasien Sakaratul Maut

Di depan pintu kamar pasien kan ada meja dan kursi, di situ para perawat membaca Al Quran.

Kisah Perawat ICU Selama Ramadhan, Berlari-lari Buka Puasa Hingga Hadapi Pasien Sakaratul Maut
Tribun Pekanbaru/Alex Sander
Ketua Komite Keperawatan Rumah Sakit Awal Bros Panam, Ns Amelia Dewi, S.Kep (hijab merah) bersama perawat yang bertugas, Senin (13/5/2019). 

Kisah Perawat ICU Selama Ramadhan, Berlari-lari Buka Puasa Hingga Hadapi Pasien Sakaratul Maut

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Berprofesi tenaga medis di rumah sakit, banyak suka duka yang dirasakan dalam menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini.

Disamping ibadah puasa harus tetap jalan, tanggung jawab sebagai petugas kesehatan juga tidak bisa ditinggalkan.

Kondisi ini paling dirasakan oleh para perawat di Intensive Care Unit (ICU), yang merupakan ruang khusus untuk pasien krisis.

Di sini, pasien memerlukan perawatan intensif dan observasi berkelanjutan, dan juga harus dirawat secara intensif oleh para perawat dan juga dokter yang bertugas.

Ketua Komite Keperawatan Rumah Sakit Awal Bros Panam, Ns Amelia Dewi, S.Kep kepada Tribunpekanbaru.com menuturkan, menjalankan ibadah puasa merupakan kewajiban yang dijalankan oleh umat muslim.

Baca: Sudah 15 Orang Petugas Pemilu Meninggal di Riau, Sakit 110 Orang

Meski demikian, bagi pihaknya yang menjalankan tugas di bulan Ramadhan, kewajiban tersebut sama sekali tidak menjadi beban.

Tapi diakuinya, dalam melaksanakan puasa sekaligus tugas sebagai perawat di rumah sakit, bukan merupakan tugas yang gampang dilaksanakan.

Dengan hati yang ikhlas dan tulus, semunya bisa dilaksanakan dengan baik.

"Bagi kami berpuasa dan menjalankan tugas sebagai perawat adalah kewajiban yang harus dilaksanakan sekaligus. Memang tidak mudah menjalankannya, tapi bukan berarti menjadi beban. Dengan niat yang tulus dan ikhlas, kami InsyaAllah bisa melaksanakan keduanya dengan maksimal," kata Amelia saat berbincang dengan Tribunpekanbaru.com di ruang kerjanya, Senin (13/5).

Halaman
123
Penulis: Alex
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved