Berita Riau

Seksi 1 Tol Pekanbaru-Dumai Dioperasikan Desember 2019

Rencananya, jalan tol Pekanbaru-Dumai pada seksi 1 sudah akan dibuka pada Desember 2019 mendatang dan langsung bisa dilalui oleh masyarakat.

Seksi 1 Tol Pekanbaru-Dumai Dioperasikan Desember 2019
Istimewa
Pembangunan tol Pekanbaru-Dumai. Selasa (6/11/2018). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar meninjau lokasi proyek tol Pekanbaru-Dumai bersama Walikota Pekanbaru Firdaus dan instansi terkait lainnya, Jumat (17/5/2019).

Saat meninjau tol tersebut diketahui, bahwa pembangunan jalan tol, terutama di seksi 1 sepanjang 9,5 kilometer di kecamatan Rumbai hampir rampung.

Rencananya, jalan tol pada seksi 1 sudah akan dibuka pada Desember 2019 mendatang dan langsung bisa dilalui oleh masyarakat.

"Menurut informasi dari pihak kontraktor, jalan tol Pekanbaru-Dumai pada seksi 1 ini sudah bisa dilalui pada Desember 2019 mendatang. Sedangkan untuk seksi lainnya saat ini juga masih terus dilakukan pengerjaan," kata Syamsuar disela peninjauan tol.

Baca: Jelang Libur Lebaran 2019, Obyek Wisata di Rokan Hulu Bakal Ditata

Baca: Bahas 100 Hari Kerja Syamsuar-Edy, Jikalahari Minta Hentikan Ekspansi Koorporasi HTI

Selain melihat progress pembangunan jalan tol, dalam kunjungan saya itu Gubernur juga memastikan tidak ada lagi lahan yang bermasalah pada pembangunan tol seksi 1 tersebut.

Dengan sudah akan dioperasikannya jalan tol tersebut, pihaknya bersama Pemko Pekanbaru usai Idul Fitri nanti akan kembali duduk bersama guna membahas pembangunan jalan keluar dari tol menuju jalan lintas.

Sehingga nantinya tidak terjadi kemacetan.

Karena selain jalan tol, nantinya juga akan ada jalan ring road yang tengah disiapkan pemerintah kota Pekanbaru.

"Jalan ring road yang mengelilingi kota Pekanbaru ini juga akan dikoneksikan dengan jalan tol Riau-Sumatera Barat dan juga jalan tol Riau-Jambi," sebutnya.

Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengatakan, untuk status lahan akses masuk ke jalan tol yang sebelumnya sempat bermasalah sudah selesai.

Jalan tersebut sepanjang 1,6 kilometer yang saat ini sudah siap untuk dibangun.

"Alhamdulillah akses jalan masuk tol sepanjang 1,6 kilometer sudah selesai dan akan segera diserahkan ke pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR. Penyelesaian lahan tersebut dilakukan oleh pemerintah kota bersama pemerintah provinsi Riau, jadi pihak kementerian tidak lagi mengeluarkan dana untuk itu," sebutnya.

Pemimpin proyek pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 dan 2, Hutama Karya, Bambang Hendarto mengatakan, kendala yang dihadapi dalam pembangunan tol di seksi 1 yakni lahan yang akan dibangun adalah perbukitan.

Sehingga harus ada yang diratakan dan ada pula yang harus ditimbun dengan ketinggian mencapai 20 meter.

"Dengan tingginya timbunan tersebut, paling tidak harus menunggu hingga tiga bulan agar jalan tersebut bisa diaspal. Karena kalau langsung dilakukan pengaspalan, dikhawatirkan nanti akan ambles karena jalannya belum padat. Karena nantinya, seluruh jenis kendaraan boleh melintas dijalan tol ini," ujarnya. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgio)

Penulis: Syaiful Misgio
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved