Menu Rumahan ala Uwak Kampong

Nasi Goreng Mawut, Adanya Hanya di Indonesia

Bagi yang suka sayuran boleh juga ditambahkan sawi atau selada atau kecambah atau irisan wortel atau irisan tomat.

Nasi Goreng Mawut, Adanya Hanya di Indonesia
Foto/kulinermuditaxiiipa17.wordpress.com
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Entahlah, dulu siapa yang menciptakan resep/menu ini. Kenapa pulak mesti dinamakan Nasi Mawut? Mungkin karena "bentuknya" berantakan gegara bercampur mie ya? Tauklah, entahlah.


Foto/Facebook
Uwak Kampong

Tapi sumpah lo (ehhh...pakai sumpah segala), menu yang "murah meriah" ini bahannya praktis, bikinnya pun relatif gampang. Gak pakai jam-jaman, paling-paling cuma 10 menit.

Namun demikian soal rasanya..... Hmmmm jangan ditanya deh. Super leker! Betol, Uwak Kampong kagak bohong.

Mau nyoba? Yuuuk kita siapkan bahannya. Ini untuk ukuran satu porsi ya.

Pertama siapkan telur satu butir saja, mie instan goreng merk apapun jadi, nasi satu enthong (sendok buesar), 2 siung bawang merah dan putih, kecap asin dan manis, tambah butiran kemiri juga boleh (satu kemiri dihaluskan).

Bagi yang suka sayuran boleh juga ditambahkan sawi atau selada atau kecambah atau irisan wortel atau irisan tomat. Pokoknya terserah selera. Gak pakai pun tak apa-apa.

Bagi yang suka pentol bakso juga boleh ditambahkan pentol.

Nah kalau semua sudah siap dalam kondisi bersih, langkah selanjutnya adalah masak mie. Tapi jangan lama-lama. Mie jangan sampai ngembang, angkat dan tiriskan.

Berikutnya goreng telur tanpa apa pun lalu acak-acak sampai jadi gumpalan kecil-kecil tak beraturan. Sisihkan.

Gangsa atau panaskan ulekan bawang merah dan putih tadi bercampur kemiri dalam satu sendok minyak goreng sampai tercium bau harum. Masukkan mie, nasi, dan telur, menyusul kemudian sayuran yang kita suka, lalu aduk hingga merata.

Selanjutnya masukkan bumbu mie goreng dan saos dari sachetan yang ada. Tambahkan kecap asin dan manis sesuai selera. Aduk-aduk sampai merata. Agak lama dikit biar semua bumbu meresap.

Sudah? Ya sudah begitu saja. Nasi mawut sudah siap dimakan. Tapi jangan lupa pindahkan dulu ke piring ya.

Kalau mau disuguhkan untuk kekasih tercinta, hiasi dulu nasi mawut tadi dengan taburan bawang merah goreng, terus di pinggirnya taruh selembar daun selada, irisan mentimun dengan atau irisan tomat.

Hmmm...Mantap to, sedap to!?
Salam leker dari @warongkampong

Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved