Breaking News:

Gaet Kepesertaan, BPJS Ketenagakerjaan Manfaatkan Teknologi Digital

Tak hanya pekerja penerima upah (PPU) BPJS Ketenagakerjaan juga berusaha untuk memperbanyak kepesertaan tenaga kerja Bukan Penerima Upah (BPU).

Penulis: Ariestia
Editor: M Iqbal
Tribun Pekanbaru/ Bynton Simanungkalit
Petugas BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rengat melayani para warga yang mendaftar sebagai peserta pada program perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan, Sabtu (30/9/2017). 

Memanfaatkan era digital, BPJS Ketenagakerjaan semakin berbenah untuk menggaet kepesertaan baru. Tidak hanya dengan cara konvensional, tetapi juga menggunakan teknologi untuk menyasar generasi milenial.

AKHIR Agustus tahun ini, BPJS Ketenagakerjaan cabang Pekanbaru Panam menggelar sosialisasi dibarengi hiburan bagi pedagang di Pasar Pagi Arengka, Pekanbaru.

Dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/8/2017), Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Panam, Wisnu Eko Prihartono mengatakan sosialisasi ini untuk memberi pemahaman bahwa pelaku usaha mandiri berhak mendapatkan perlindungan sosial.

Selain sosialisasi secara langsung, BPJS Ketenagakerjaan juga melibatkan pemuka masyarakat maupun pemangku kebijakan untuk mendorong partisipasi masyarakat.

Sebelumnya, Wisnu Selasa (8/8/2017) lalu mengatakan sosialisasi telah dilakukan bagi Ketua RT dan Ketua RW se-Kecamatan Tampan. Sebab, RT adalah ujung tombak pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sehingga informasi tentang layanan ini lebih cepat menyebar.

"Potensi tenaga kerja bukan penerima upah sangat besar, dan sampai saat ini belum terjaring dan terjangkau," kata Wisnu didampingi Kepala Bidang Pemasaran, Esra Nababan. Gencarnya sosialisasi ini untuk mengejar target nasional kepesertaan.

Sementara itu, Anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Pusat, Eko Darwanto menyebutkan, undang-undang mengamanatkan semua masyarakat, baik Pekerja Penerima Upah (PPU) maupun Bukan Penerima Upah (BPU) harus menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan

Menurut dia, RT dan RW diharapkan menjadi garda terdepan dalam melaksanakan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011.‎

Inovasi yang dilakukan untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat juga dilakukan melalui Badan Usaha Milik Daerah Desa (BUMDes) seperti yang terdapat di Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar.

Pemerintah Desa Tarai Bangun mendirikan loket BPJS Ketenagakerjaan sebagai unit usaha BUMDes. Menurut Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Panam, Esra Nababan, BUMDes mengelola loket yang melayani pembayaran iuran dan pendaftaran peserta baru BPJS Ketenagakerjaan. 

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved