Rokan Hulu

Himbauan Bupati dan Ketua DPRD Rohul, Salurkan Hak Suara di TPS Masing-masing

Bupati Rohul dan Ketua DPRD Rohul menyampaikan imbauannya terkait dengan Pigubri. Keduanya menyampaikan agar masyarakat gunakan hak pilih

Himbauan Bupati dan Ketua DPRD Rohul, Salurkan Hak Suara di TPS Masing-masing
Tribunpekanbaru
Nomor Urut Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau di Pilgub Riau 2018 

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN- Satu Hari Menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), menghimbau seluruh masyarakat Rohul yang memiliki hak pilih agar menyalurkan hak suaranya di tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilkada serentak 2018, Rabu (27/6/2018).

Bupati Rohul, H. Sukiman, meminta seluruh masyarakat yang memiliki hal pilih, agar bisa menyalurkan suaranya di TPS yang sudah ditentukan.

Baca: Dapat Kabar Kontraktor Flyover Pasar Pagi Arengka Kabur, Ini Langkah Dewan

Karena, satu suara yang disalurkan itu menentukan untuk pimpinan 5 tahun ke depan di Pilgubri.

"Majunya Riau di Pilgubri, ditentukan dari sosok Gubenur dan wakil Gubenur yang dipilih rakyat. Sehingga diharapkan masyarakat bisa menyalurkan hak suaranya di TPS pada hari H nanti," katanya, Selasa (26/6/2018).

Ia juga mengingatkan agar petugas pelaksanaan Pilgubri, bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang akan mencoblos nantinya di TPS.

Baca: Lantik Hendrizal Sebagai Sekda, Ini Pesan Bupati Yopi

Dirinya yakin, jika pelayanan baik, maka seluruh masyarakat akan menyalurkan hak suaranya sesuai pilihannya. Ia juga meminta bagi seluruh PNS dan tenaga honorer di Rohul juga diharapkan bisa menyalurkan salurkan hak suaranya di TPS.

"Karena ini penting, sehingga diharapkan seluruh yang memiliki hak suaranya agar salurkan suaranya di TPS nanti," harapnya.

Sementara, D Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri,‎ mengaku, bahwa partisipasi satu suara dari masyarakat akan sangat penting, sebab ikut dalam menentukan nasib Provinsi Riau untuk lima tahun ke depan.

Kelmi menerangkan, ada tiga hal yang harus disampaikan masyarakat saat pencoblosan di hari H Pilgubri 2018, pertama masyarakat diajak datang ke TPS untuk mencoblos. Kedua, Kelmi meminta pihak penyelenggara Pilgubri bersikap netral.

Baca: Gawat, Pelabuhan di Desa Semukut Harus Selesai 2018 Ini, Tapi Lahannya Belum Bersertifikat

"Ketiga, partisipasi masyarakat harus harus ditingkatkan, karena ini menentukan nasib Riau ke depan," sebutnya.

Lebih lanjut diungkapkan Kelmi, bahwa masih banyak pemilih di Kabupaten Rohul yang belum mengetahui siapa pasangan calon (Paslon) yang akan mereka pilih di pelaksanaan Pilgubri 2018, Rabu (27/6/2018).

‎Kelmi menyatakan, dengan pembatasan atribusi kampanye Paslon, masyarakat atau pemilih di pedesaan tidak sepenuhnya terjangkau terkait informasi Pemilu, ditambah lagi singkatnya waktu Paslon untuk melaksanakan kampanye dan dibatasi waktu, sehingga tidak tersosialisasi dengan baik Pemilu ini kepada masyarakat.

Baca: Kisah Raina, Duta Cilik Asal Indonesia Dampingi Pemain Sepakbola di Piala Dunia 2018 Rusia

"Mengenai Pemilu‎ ini masyarakat tahu, undangan pemilih sudah sampai. Tetapi akhirnya masyarakat tidak mampu memilah dan memilih calon yang terbaik untuk mereka pilih. Nah ini juga perlu dapatkan perhatian dari pemerintah, dalam hal ini KPU. Ke depannya atribusi‎ daripada Paslon harus sampai ke tengah-tengah masyarakat," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Kelmi juga mengaku bahwa ke 4 Paslon yang maju di Pilgubri 2018 memang tetap melaksanakan kampanye, namun waktu yang disediakan KPU tidak dapat menjangkau ke seluruh desa dan seluruh kecamatan.

Baca: Vivo Mal Pekanbaru Tawarkan Beberapa Ponsel Selama Promo Lebaran

"Sehingga dalam pelaksanaan ini, cita-cita kita ingin melahirkan pemimpin yang betul-betul lahir dari sebuah proses pemilihan yang baik ataupun pemilihan yang objektif. Nah sekarang sulit bagi masyarakat untuk menentukan pilihan objektif itu karena terbatasnya informasi," pungkasnya.(*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Budi Rahmat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved